nhk

10 Crosser Patah Tulang Di IRC Motocross

ManiakMotor – Aep Dadang, Ivan Harry dan Aldi Lazaroni patah tulang di seri perdana IRC Motocross International Championship (IMIC) 2012. Itu hanya wakil dari 10 crosser yang cidera di event berlangsung di sirkuit AHRS Kota Kembang, Depok, Jabar 31 Maret dan 1 April 2012 itu.

Para penyelenggara motocross di Indonesia wajib mengkajinya. Jangan hanya cerewet (kalau cerewetnya benar) di masalah umur kelas pembinaan, tapi lalai pada kewajiban utama soal keamanan crosser.  Ini sama saja semut di sebarang sana, gajah di depan mata, lu gak liat. Iya kan, iya kan…

Memang seri pertama seluruh peserta belum ‘panas’. Mereka masih melakukan penyesuaian dengan motor, tenaga dan keterampilan. Emosinya juga belum stabil. Tetapi, “Dari jumlah sekitar 20 insiden berat, ada yang salah, dong. Ini rekor. Kalau hanya lecet-lecet, itu biasa di motocross. Kalau 10 patah, itu tidak biasa. Apalagi sebagian mereka yang ada di grade A,” hitung Dokter Adrian Tio, dokter yang bertugas  di IMIC kemarin.

Menurut Irwan Ardiansyah, pelatih motocross dari Jogja, seharusnya benahi dulu yang dasar-dasarnya. Jangan mengikuti seperti luar negeri. “Justru di sana benar-benar safety dulu yang dikerjakan, bukan umur. Sekarang baru tahu kan, Komisi Motocross PP IMI malah mengurusi ini dan itu yang bikin sakit hati orang tua crosser. Sementara kewajiban mereka, lupa,” jelas Irwan sembari menunjuk seseorang di Komisi yang sok pintar.

Penulis gak tahu siapa dia….

 BERITA TERKAIT:
 
KTM 65 SX World Champion
Husqvarna TC250 Versi 2012, Penggaruk Tanah Jempolan
Yamaha Nouvo SX 125 Versi 2013
IRC Motocross Harvest, Sirkuitnya Indonesia
IRC MX Seri 3 Harvest, Husqvarna Sondakh

BAGIKAN