nhk

WSBK 2013, Serbu Jerez Dan Laguna Seca

 

ManiakMotor – Hari ini keluar kalender resmi MotoGP 2013 dari FIM dan dirilis sejumlah media. Maaf, maniakmotor.com tak ikutan lagi memuatnya. Kemarin kami sudah memuatnya persis dengan yang hari ini diluncurkan FIM.

Bahan itu bisa dimuat lebih awal berkat bocoran yang ‘dicuri’ dari akun twitternya Loris Capirossi, mantan pembalap MotoGP yang kini mengomandani Bidang Safety FIM. 

Karena akhir pekan ini lagi ramai pertempuran WSBK di Portimao, Portugal, mendingan omong WSBK daripada memuat ulang kalender MotoGP musim depan. Tak seperti MotoGP, Kejuaraan Dunia Superbike ini sama sekali belum menerbitkan kalendernya untuk musim kompetisi 2013. Katanya sih masih diracik. 

Yang jelas, mulai 2013 nanti WSBK bakal masuk Sirkuit Jerez (Spanyol) dan Laguna Seca (AS) yang selama ini identik dengan MotoGP. Khususnya Jerez yang    secara tradisional menjadi ajang tes resmi MotoGP. Kontrak tiga tahun sudah diteken petinggi Sirkuit Jerez dengan Paolo Flammini sebagai CEO Infront Motor Sport yang menjadi Dornanya alias promotor WSBK.

Saking seriusnya kerja sama itu, penandatanganan pun dilangsungkan di Balai Kota Jerez dengan saksi mata sekaligus saksi hidup Maria Jose Garcia Pelayo. Beliau ini Walikota Jerez, Bro“Jerez de la Frontera identik dengan balap motor dunia. Kami sangat senang WSBK kembali masuk sana setelah 20 tahun berlalu. Event ini pasti sukses besar,” ujar Flammini.

Jerez pernah menggelar WSBK pada 1990. Itu kali pertama sekaligus terakhir. Di musim 2013, Jerez ditempatkan pada seri terakhir (Minggu, 20 Oktober).

Sama dengan Jerez, kontrak baru WSBK dengan Sirkuit Mazda Raceway di Laguna Seca juga berlangsung 3 tahun, 2013-2015. Untuk yang satu ini, kontrak diteken Flammini bersama Gill Campbell selaku pengelola sirkut tersebut. Jadwal di Laguna Seca ditetapkan pada 27-29 September 2013.

Pada 2004 Laguna Seca sebenarnya sudah menggelar WSBK. Hanya setahun karena tergusur oleh MotoGP yang masuk ke sana pada 2005. “Kini kami menggelar dua kompetisi balap motor terhebat dunia. Ini jelas memperkuat posisi kami sebagai trek utama untuk balapmotor se-Amerika,” bangga Campbell.

Flammini jelas senang-senang saja dengan masuknya kembali WSBK ke Laguna Seca. Otak bisnisnya langsung berputar dengan potensi yang dimiliki AS di sektor industri maupun perdagangan motor Amerika Serikat. “Ini akan sangat bagus buat media dan sponsor,” katanya singkat dan jelas.

Namanya juga promotor, bisnis. Kalimat standar itu, Bung! Andro

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi WSBK Portugal, 22 – 23 September 2012

WSBK Portugal: Sykes Bikin Biaggi Dan Melandri Degdegan

Kalender MotoGP 2013, Spanyol Aman 

BAGIKAN