nhk

Hanya Paking Yang Bikin Ninja 150 Susah Pindah Gigi

Mesin Ninja 150 R

ManiakMotor – Usai belah mesin Ninja 150 R setalah dirakit malah susah pindah gigi. Kadang persnelingnya nggak mau balik dan ogah melanjutkan pada gigi berikutnya. Memang parah, nggak mau pindah gigi.

Sudah semua diperiksa dari pegas persneling, pelat U, sampai per stopper gigi pemindah dibikin baru. Tetap saja podo, ogah pindah gigi. Herannya masalah ini muncul ketika bak mesin kanan dipasang dan baut-bautnya dikencangkan.

“Kecurigaan muncul pada gigi water pump, tapi cara pasangnya sudah benar sembari memutar magnet ketika bak mesin dipasang, agar giginya masuk dengan pas,” sebut si pengeluh tersebut yang kelihatan sangat bingung karena harus berpikir belah ulang mesinnya. Dia juga sudah bolak-balik ke mbah nganu yang membuat kuota iternetnya habis, tapi nggak ada solusi.

Ditanya pada Ahak yang jagoan 2T di zamannya itu, jawabannya sangat singkat dan langsung sasaran. “Pasti Ninja 150-nya baru pertama belah mesin tuh. Pemberian sealer pada harus rata. Ingat di situ nggak ada paking, kalau terlalu tipis as-starter akan kena penahannya pada bak mesin kanan. Ini akan terjadi pada RR dan R,” kata Ahak yang bermarkas di Kapuk, Jakarta Utara itu.

Solusi Ahak juga mudah dimengerti. Katanya, bak mesin kanan jangan menggunakan paking imitasi, itu kurang tebal. Ganti paking lama yang katanya sudah tergencet usia, sehingga penahan as terlalu dekat antar keduanya. Itu yang bikin seret perpindahan gigi dan bahkan nggak bisa pindah sama sekali. “Menggunakan paking ori masih juga sulit pindah gigi, pakingnya dibikin ganda saja. Pasti akan lancar ulang oper-oper giginya,” tambah Ahak.

Eh ternyata solusi ganti paking baru ini, penyakit pindah gigi langsung lancar. Itu belum ganjal paking ganda loh. MM

 

 

BAGIKAN