nhk

Ada 300 SMK Binaan Yamaha Hingga 2013, Lulusannya Gampang Dapat Kerja

ManiakMotor – SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pasti melek teknologi saat ini, khususnya jurusan teknik sepeda motor. Muridnya langsung berhadapan dengan teknologi  motor yang sedang berkembang terkini. Bukan lagi melulu teori, tetapi dengan praktek yang teknologinya telah berhadapan dengan mereka.

Apalagi dengan dukungan Yamaha lewat CSR (Corporate Social Responsibility). Program ini konsisten memberikan donasi sepeda motor dengan teknologi terbaru pada SMK di 34 Provinsi.  Proyek ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan mewujudkan ‘SMK BISA’ dengan  cara memperkenalkan teknologi Fuel Injection (FI) sejak dini di SMK.

Ada 300 SMK lebih binaan Yamaha di Nusantara sejak program CSR dimulai  2003 hingga 2013. Kelas khusus teknis sepeda motor Yamaha ini durasinya setahun diikuti 20 siswa tiap SMK. Minimal empat unit motor bantuan berteknologi Injeksi. Itu bersama perkakas perbengkelan dan FI Diagnostic Tools yang sama dengan dimiliki Jaringan Resmi Yamaha.

Bukti seriusnya Yamaha mendorong alih teknologi industri melalui siswa-siswa SMK. “Ini bagian dari Yamaha ikut mencerdaskan bangsa. Tidak hanya edukasi, donasi sepeda motor & FI Tools,  bahkan menarik siswa-siswa berprestasi untuk ikut berkerja di jaringan Yamaha, mulai dealer, bengkel dan pabrik,”  papar M.Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia.  

Yamaha telah melakukan standarisasi kurikulum yang disesuaikan dengaan UN (Ujian Nasional). Hasilnya, lulusan SMK  siap pakai. Lha, wong sudah pintar duluan sejak  di kelasnya. Mereka tak perlu ikut kursus montir tambahan  lagi. Artinya lulusan SMK kelas khusus Yamaha ini setara teknisi Yamaha YTA Bronze (Tingkat Menengah). Karena itu, mereka juga langsung oke bikin bengkel sendiri. Wirausaha maksudnya, bro.

Yamaha masih membuka bagi SMK berminat bergabung. Yang penting punya jurusan teknik sepeda motornya dan terakreditasi A. Lebih lanjut boleh hubungi “Contact Center Yamaha Motor Indonesia” Jl. KRT. Radjiman Wiyodiningrat , Pulogadung Jakarta Timur 13920 Telp. (021) 2457-5555 ,461-8000 atau Email: contact_center@yamaha-motor.co.id ditujukan Program CSR SMK, sebelumnya  Yamaha akan melakukan survey & interview untuk menguji siap tidaknya SMK tersebut.  

Tahun depan atau 2014, Yamaha akan mengundang guru-guru pengajar kelas khusus Yamaha dari seluruh Indonesia untuk dilakukan uji kompetensi. Tujuannya, menjaga kualitas lulusan kelas khusus ini dan selalu mengikuti perkembangan teknologi di dunia industri. Seperti itu biasa dilakukan Yamaha untuk para instruktur bagian edukasi,  mengingat setiap tahun Yamaha selalu memperkenalkan produk-produk baru dengan teknologi paling mutakhir. (MM)

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353