nhk

Agusta F4 LH44, Dibikin Buat Lewis Hamilton, Sampai Ban Didesain Khusus

Hamilton, F4 LH 44, MV Agusta
Lewis Hamilton menyelaraskan pakaian dengan warna motornya

ManiakMotor – Ternyata, juara dunia tiga kali F1 Lewis Hamilton doyan moge (motor gede). Sayangnya, produsen roda dua asal negaranya Inggris seperti Triumph, Norton, BSA dan lainnya tidak peka. Justru MV Agusta dari Italia cepat menangkap dan berkolaborasi sama calon juara dunia 2017 dengan menghasilkan F4 LH44.

Sepatbor depan serat karbon, termasuk fairing bawah

Ini bukan hasil kolaborasi pertama mereka. Sebelumnya, sudah ada proyek bersama dengan Dragster RR LH. Dua hurup belakang itu jelas kependekan dari Lewis Hamilton. Untuk yang teranyar ada tambahan angka 44 menunjukkan nomor start mobil Hamilton.

Basis dari F4 LH44 ini adalah RC F4 yang oleh Agusta diturunkan langsung dari Reparto Corse Superbike, mesin empat silinder yang punya performa dahsyat. Berbagai tambahan dilakukan, selain tambah kekear tampilan juga tenaganya galak.

Hamilton melakukan burnout sambil pamer tenaga mesin

Makanya, mesin Corsa Corta dengan panjang 79mm, langkah 50.9mm mengandalkan katup radial plus rantai timing sentral. Tenaga yang dihasilkan maksimum 205 hp. Tapi, buat Hamilton seorang pembalap yang terbiasa melaju di atas 300 km/jam tentu dirasa kurang.

Kit pendongkrak tenaga pun disematkan. Di antaranya silencer titanium dan unit kontrol khusus. Lonjakan tenaga pun sampai 7 hp menjadi 212 hp (158kW).

Lantas di mana keterlibatan Hamilton pada LH44. Ia telah bekerja sama dengan CRC (Castiglioni Research Center) yang beberapa usulan sudah diteliti akan hal kelayakan, bakat dan fungsinya.

Paling nyata, skema warna. Kombinasi merah apel dan sasis putih  mutiara membuat dampak elegan, meningkatkian desain sensasional F4. Ini interpretasi F4 yang belum pernah terjadi.

Bagaimana dengan bagian lain? Suspensi memakai komponen premium; garpu berlapis TiO

Sasis putih, plus bagian tertentu dekat sasis pakai serat karbon

USD NIX 30 TiN yang menawarkan respons hidrolik yang dapat diatur secara terpisah dalam kompresi (tabung kiri) dan ayunan (tabung kanan). Sedang sok belakang pilihannya Ohlins TTX36 dengan reservoir piggyback, dapat diatur secara mekanis.

Dasar pembalap, Hamilton juga menuntut kenyamanan saat berkendara. Selain suspensi, jok pun didesain ergonomi balap terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti Alcantara. Trus, bagian depan motor memakai serat karbon seperti fairing utama. Edannya lagi, kedua ban Diablo Supercorsa SP (120/70 ZR 17 depan dan 200/55 ZR 17) didesain khusus oleh Pirelli untuk Hamilton.

Hamilton yang sudah menjajal F4 LH44 mengaku senang. Malah ia ingin melanjutkan kerja sama dengan MV Agusta. “Saya suka kerja sama Giovanni dan orang-orang di MV Agusta. Hasrat mereka akan teknik dan perhatian terhadap detail menghasilkan motor yang menakjubkan,” puji Hamilton. Maliq

BAGIKAN