nhk

Alasan AHM Luncurkan All New Honda Vario 150, Irit Sparepart/Bensin, Berkendara Nyaman

 

 

ManiakMotor – Munculnya All New Honda Vario Techno 150 – sebut saja begitu – angin segar buat pematik. Semakin besar kapasitas matik, akan memudahkan buat motor ini menggerakan CVT-nya. Mesin tak perlu teriak-teriak seperti matik 110 yang saat ini merajai pasar matik Indonesia untuk menggerakan roda.

Yakin hal itu yang dikejar Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan matik 150 untuk jualan masal, bukan premium seperti Honda PCX 150. Yang ini Vario 150 yang wajudnya sudah berkeliaran di dunia maya walau baru akan dilepas resmi 14 Januari 2015. Itu pun kalau tidak keliru. Soalnya sudah ada edaran peluncurannya.

Disebut enteng menggerakan CVT, artinya ada efesiensi mekanis dari mesin ke girboks otomatisnya. Selanjutnya Vario ini akan hemat penggunaan suku cadang. Itu tadi, tak perlu putaran mesin tinggi untuk dapat tenaga. Tenaganya secara dasar sudah disediakan kapasitas silinder yang ditambah 25 cc dari tipe Vario yang telah dijual AHM.

Yang namanya matik indentik panas lumayan hilang pada Vari0 150 cc. Yang bikin panas mesin kan itu tadi, mesin teriak-teriak untuk menggerakan CVT. Kalau mesin di rpm rendah tareeeekannya sudah kuat  memutar puli, pastilah oli akan selalu adem. Bila oli adem semua suku cadang terutama yang fast moving hasilnya adalah irit.  Oli juga tak banyak terkuras oleh penguapan akibat panas.

Beda lagi dengan irit bensin. Kalau ini relatif. Kalau cara bawanya halus dan selalu pada putaran konstan bukan tak mungkin Vario 150 justru lebih irit dari matik 110. Tetapi bila cara bawanya nafsuan alias seruntulan, nah yang kapasitas besar sudah pasti rajin menyedot bahan bakar. Artinya soal irit-iritan targantung sampeyan. Apalagi Vario 150 sudah jelas ditunjang ISS (idling stop sytem) dan injeksi.

Yang diceritakan irit di sini, irit suku cadangnya. Bukan itu saja, motor jadi mudah dikendarai karena adanya tenaga yang melimpah. Tapi tetap hati-hati, pasti jadi lebih kencang. Jangan sampai kencang ke rumah sakit.  Sayang speksifikasi sebenarnya belum terdeteksi. Apakah kapasitas yang dihasilkan lebih banyak angka langkah piston atau diameter silinder? Ini juga berpengaruh pada iritnya komponen dan enaknya tenaga awal. Selanjutnya silakan lihat foto penampakan soal desain bodi yang sampeyan sendiri bisa menduga-duga sendiri tak perlu dijelaskan, hehe. MM

BACA JUGA

Suzuki Satria FU 2015: MotoGP Color Edition Dan White Fighter

Gebrakan Yamaha Mio M3 125 Di Jawa Barat, Warnanya Itu Loh..!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353