nhk

Alat Pencatatan Waktu Drag Bike, Ada Yang Cepat, Ada Yang Lambat..!

 

ManiakMotor – You percaya deh, pencatat waktu saat ini tidak seragam antara milik si A, si B dan seterusnya. Si A bisa saja lebih cepat dari si B. Ini sesuai pengakuan Om Toddy yang telah menggunakan berbagai time system drag bike di Indonesia. “Itu karena sistem lampu start yang berbeda-beda, juga merek time system yang berlainan, maka menghasilkan hasil yang satu sama lainnya pencatatan waktu yang tidak sama,” jelas Om Toddy, dedengkot semua balap motor di Jakarta.

Untuk itu, setelah ada isu bracket system, para pelaku drag bike lebih senang tahap awalnya menyeragamkan sistem start dan pencatat waktu. Itu yang lebih mendesak saat ini. Mau sistem apa saja yang dipakai, asal seragam di Indonesia, monggo. Tujuannya, “Semua pembalap punya teknik yang sama soal start dan punya ukuran yang sama untuk kemampuan pribadi dan motor,” jelas Bowo Samsonet, joki sekaligus tukang setting di kubu MC Racing di Jakarta.

Saat ini ada beberapa versi pencatat waktu yang beredar di Indonesia. Beda merek beda juga ejaan lampu startnya. Tapi bila beda catatan waktunya, itu yang menggemparkan. Kok bisa ya? “Coba kamu amati, bila pencatat waktu si A yang dipakai, di event itu pasti akan maju catatan waktunya. Beda dengan catatan si B pasti akan melambat sikit dengan ukuran motor yang sama,” tambah Om Toddy sembari sebut punya si itu lebih cepat, namun portal ini tidak perlu menyebut siapa.

Iya to, kalau disebut nanti para kiliker maniakmotor.com akan ragu soal catatan waktu akurat yang didapat si pembalap. Rekor pecah bukan gara-gara korekkan motor dan skill joki, tapi akibat dari pencatat waktu yang berbeda tadi. Bisa barabe percaturan drag bike? Di kemudian hari, dengar pencatat si B yang menghasilkan catatan lebih lambat, peserta ogah ikut, karena merasa motornya akan pelan, padahal memang lelet… hehehe…

Maka menurut Arief Fitriansyah dibutuhkan penyeragaman lampu dan sensor startnya. Katanya, di bagian start ini penentu kecepatan motor, makanya bila beda sistem akan menghasilkan catatan yang beda. “Joki memang telah mengeluh, tetapi mengeluh ke siapa? Kan sudah untung time system saat ini bukan lagi stop watch,” kata Arief yang memiliki pasukan pencatat waktu Victory Lap.

Ya-ya-ya… Adit

BERITA TERKAIT:

Drag Bike 2013; Sistem Time Dan Start Model Thailand, Segera..!

Joki Drag Bike Dani Tilil Koma, Cilaka Setting Motor, Tanpa Helm

Sony Dwi Kuncoro (Pebulutangkis), Bangun Mio Drag Bike 200 CC, 7.7 Detik..!

Trek Permanen Drag Bike Di Klaten, Jateng, Tinggal Pakai..!

Drag Bike; KTM250SX Pecetak 6.940 Detik, Sedang Setting Kaki-Kaki

 

   

   

BAGIKAN