nhk

All New Honda Beat eSP dan POP eSP 2015, Mesinnya Cerdik, Lincah Hemat..!

 

ManiakMotor – Enhanced Smart Power (ESP) adalah konsep power mesin motor yang cerdik – tejemahan asal-asalan eSP. Teknologi ini sudah dipakai pada Honda All New Beat eSP dan POP eSP. Itu matik diluncurkan saat pengresmian pabrik baru PT Astra Honda Motor di Krawang pada Kamis 11 Desember 2014.

Beat sebelumnya unggul lewat gesitnya rangka dan bodi, diperbaiki ulang dalam hal tenaga lewat eSP. Karena faktanya kuncian handling pada rangka masih sama dengan yang lama. Misalnya sumbu roda tetap 1.255  mm dan ground clearance (jarak tererndah) 140 mm. Memang ada perbedaan dimensi pada New Beat eSP dan Beat POP yang diluncurkan, tapi tidak menyentuh sumbu roda dam jarak terendah dari tanah, hanya bodi. Itu nggak ngaruh pada karakter, om.

Mesin eSP lebih besar 0,2 cc dari Beat lama.  Tapi yang dinaikan adalah angka stroke atau torak 0,1 mm. Ya ngaruh dong pada tenaga yang cepat didapat pada rpm lebih rendah. Itu maksudnya  mesin pintar. Kamu tak perlu tekuk-tekuk lengan untuk menaikan putaran mesin, tenaga ada setiap saat diukur dengan Beat sebelumnya.   

Perhatikan perubahan mesin SOHC dengan injeksi PGM-FI itu. Kapasitas bersihnya 108.2 cc dari bore 50 mm x stroke 55,1 mm. Beat sebelumnya 108 cc dari 50 x 55 mm. Memang hanya tambah 0,1 mm. Tapi konsep itu memperbaiki yang istilah teknik sono disebut power to weight ratio alias bobot keseluruhan motor akan kompak dengan tenaga mesin. Bisa jadi dalam galian selama ini pada Beat, itu yang perlu ditingkatkan. “ESP dikeluarkan untuk tetap mengikat kecintaan konsumen pada Beat,” jelas Margono Tanujaya, direktur marketing PT AHM.

Boleh dilacak juga pada kompresi yang berhubungan dengan cabut-cabut motor yang kamu akan rasakan langsung bedanya. Beat eSP perbandingkan kompresinya 9.5:1 dan Beat lama hanya 9.2:1. Hasilnya power Beat eSP adalah 8.68 ps pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9.01 Nm pada 6.500 rpm. Beat yang lama tenaganya 8.52 ps didapat pada rpm lebih tinggi. Sedang torsi yang lama maskimumnya 8.68 Nm pada putaran sama dengan Beat eSP. Canggih kan.

Konsep eSP ini makin kena dengan penambahan ISS (idle stop system). Perangkat yang sebelumnya sudah ada pada Vario. ISS akan mematikan mesin di saat kelamaan berputar konstan pada  rpm paling rendah. Percayalah bila diklaim 63 km/liter atau lebih hemat 9 persen dari Beat lama.

Ada juga starter yang tanpa bunyi atau ACG dan kelebihan lain macam combi brake system (CBS) alias satu tuas rem bisa menghentikan roda depan dan belakang. Ada standart samping otomatis (side stand switch), brake lock,  pengaman kunci bermagnet (magnetic key shutter),  dan U box lebih besar yaitu 11 liter. Selebihnya soal tampang lihat saja foto yang bercerita,

Dari semua keterangan tentu ingin tahu harganya. Ada tiga varian macam pelek CW dibanderol Rp 14,150 juta. Yang  CBS (Combi Brake System) boleh ditebus Rp 14,450 juta dan CBS-ISS Rp 14.950 juta. Harga All New Honda BeAT POP eSP dijual Rp 13.850 juta tipe CW, yang CBS Rp 14,150 juta dan CBS-ISS dibanderol 14.650 juta. Rzk

BACA JUGA

Pabrik Baru PT AHM Di Krawang, Memproduksi 5.8 Juta Unit Motor/Tahun Kualitas Tinggi

 

BAGIKAN