nhk

All New Honda CB150R StreetFire 2015: Mesinnya Dipermak Habis, Yang Lama Gagal Dong

 

ManiakMotor – Membayar kegagalan lama. Yang lama kan karakternya betot sampai penuh dulu gasnya, baru nongol tenaganya. Itu pun kalau tenaganya akan muncul-muncul. Apalagi bila di kota-kota besar sebentar-sebentar harus melakukan pengereman dan gas lagi. Pastilah jarang muncul tenaga yang enak.

Semoga nggak begitu Honda CB150R StreetFire yang lama dan yang baru disebut All New Honda CB150R StreetFire. Sebab, yang baru sungguh berbeda pada mesinnya, terutama diameter x langkah pada silindernya. Yang lama over bore sehingga gejalannya seperti di awal tulisan.

Yang baru square diameter dan langkah setara angkanya. “Yang ada saat ini pada New CB150R adalah penyempurnaan teknologi. Teknologi sekarang lebih tinggi,” tangkis Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT AHM pada peluncuran CB150R baru di JI Expo Kemayoran, Jakarta pada 5 Agustus 2015.

Ya iya. Untuk apa menambah biaya produksi pencetak mesin pengganti, bila tidak menutup kelamahan yang lama, ya kan. Tidak main-main langsung permak rasa pada mesin. Kan biasanya hanya ganti-ganti striping dan corak. Nggak usah diceritakan, pasti All New CB150R ini untuk memanjakan akselerasi agar gesit.  Silakan lihat data spesifikasi di bawah antara yang baru dan yang lama. Ralau rangka sih masih pakai teralis yang sama.

Diceritakan para Jepang di AHM yang paham teknik, dibanding dengan Honda Sonic 150R yang diluncurkan bersamaan, CB150R katanya galak di menengah ke atas. Tapi itu bedanya sikit karena pakai mesin yang sama, hanya memainkan waktu pengapian dan perbandingan gorboks 6 speed.  Juga perbedaan bobot bebek dan sport.

Tapi bila diukur dengan CB150R lama, yaaaa jauuuh dah. Asyik buat konsumen, karena ada perbaikan mutu. Dijamin dengan memermak mesin, All New CB150R ini punya tenaga yang lebih mumpuni sejak tarikan awal. Nggak bikin kamu pegal. Perhatikan datanya, untuk mencapai tenaga yang sama, yang lama harus kamu putar rpm-nya sampai dalam. Demikian juga dengan torsi yang terasa langsung pada akselerasi.

Di jalanan seperti Jakarta angka-angka pada CB150R lama tersebut ‘menyiksa,’ tapi tidak dengan angka-angka spesifikasi pada yang baru. Kalau yang sebenarnya belum ditest bro. Tapi angka yang jujur di data spek, juga bisa cerita dengan sendirinya. Yang baru pokoknya siplah terasa lebih ringan.  Silakan dicoba dengan cara beli New CB150R. Harganya Rp 25 jeti untuk OTR Jakarta. Varian warnanya  quantum red, macho black dan rapid white. Prat

BACA JUGA

Honda Sonic 150R: Dari Data Sih Lebih Hebat Dari FU, Harga Rp 20,9 Juta

New Honda Sonic 150R 2015: Pakai Knalpot Pro Speed Naik 2 DK

Kawasaki D-Tracker Model Terbaru 2015 Pakai Roda 17 Inci

Nih Baru Suzuki GSX-R250 Sebenarnya, Sudah Diakui

 

SPESIFIKASI ALL New CB150R 2015

Tipe mesin : 4 langkah dohc – 4 katup
Kapasitas mesin : 149.16 cc
Pengapian : PGM-FI
Diameter x langkah : 57,3 x 57.8 mm
Kompresi : 11.3 : 1
Daya maksimum : 12.4 kw (16.9 ps) /9000 rpm
Torsi : 13.8 nm (1.41 kgf.m) / 7000 rpm
Tipe transmisi : manual 6 percepatan
Pola perpindahan gigi : 1-n-2-3-4-5-6
Starting sistem : pedal dan elektrik
Tipe kopling : multiplate wet clutch coil spring
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas minyak pelumas : 1.1

 

SPESIFIKASI CB150R LAMA

 

BAGIKAN