nhk

All New Honda CBR250R 2014 Lebih Besar 1 kW Dari Varian Lama


 

ManiakMotor – Disebut All New Honda CBR250R lantaran bukan hanya bodi dengan tudung fairing dua lampu, tapi tenaganya juga baru dari varian lama. Tenaga All New Honda CBR250R ada 29 PS didapat pada putaran 9.000 rpm. Berarti sebelumnya antara 27 PS sampai 28 PS.

Begitu kata Astra Honda Motor (AHM) saat peluncurannya di Exodus, Kuningan, Jakarta Selatan  pada Rabu 14 Mei 2014. Tenaga tersebut satu jurus dengan metrik torsi atau momen puntir ideal 23 Nm pada 7.500 rpm. Jelas naik 1.3 Nm dari varian lama. “AHM menghadirkan perubahan termasuk  performa (tenaga) dari inovasi teknologinya,” jelas President Director AHM Toshiyuki Inuma.

Mesin berpenampilan krom tetap dengan silinder tunggal berdiameter bore 76 mm dan stroke 55 mm yang hasilnya 249 cc. Konvigurasinya pun masih DOHC dengan empat katup, dua masuk dan dua buang. Tetapi yang dibicarakan kelebihan 1 kW atau kilo watt. Konversi 1 kW sama dengan 1.3 dk dari yang terdahulu.

Naiknya tenaga terutama dipengaruhi konstruksi knalpot yang tadinya untuk style, tapi efeknya pada gas buang. Memang sengaja dipikir dari sini, lha wong otak Jepang yang bikin, lho. Knalpot pada All New CBR250 lekukan dan bentuknya beda. Bila yang dulu kembung, yang sekarang dari perbatasan leher dan berut sama besar diameternya.

Sudah pasti knalpot  lebih flow dari yang terdahalu. Ada faktanya dengan update porting asupan masuk dan buang. Itu semata dari kontruksi knalpot dan menghasilkan torsi meningkat, otomatis juga tenaga naik. Kira-kira seperti itu analisa tenaganya meningkat.

Tenaga yang melonjak ini tidak membuat motor jadi liar, justru lebih mulus larinya dari gigi ke gigi. Rasio percepatan dari 1 sampai 6 pada girboks dihitung ulang. Perpidahannya nyambung atau lembut lantaran rapat (close).  Ya minim jeda dan hasil akhirnya konsumsi bensin yang irit. Walau pun belum dicoba portal ini, diklaim 50.1 km hanya butuh satu liter bahan bakar.

Jangan khawatir, meningkatnya tenaga  All New Honda CBR250R bisa dihentikan dengan  pengereman  ABS (Anti-Lock Braking System). Sampeyan aman. Ghalib

BACA JUGA

AHM Luncurkan All New Honda CBR250R 2014, Desain Baru, Harga Belum Diumumkan

FDR Perkenalkan Dua Produk Baru 2014, GenziPRO dan FlemmoPRO

 

 

BAGIKAN