nhk

All New Satria F150 Fi Tes Ride: Mesin, Rangka Dan Bodi Mudah Tembus 145 Km/Jam

 

 

ManiakMotor – Diameter throttle body (TB) 32 mm dengan tenaga  18,2 dk di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 8.500 rpm, benar adanya. Pas dengan bobot 109 kg dan bodi yang ramping mudah menerobos angin. Tentu dengan suspensi depan teleskopik (ayam jago) bersama monosok belakang. Eces tembus 145 km/jam di trek lurus dan akselerasinya dalam jarak 150 meter hanya 6.7 detik. Kalau digunakan harian, naik motor ini nggak bakal ragu menyalip kendaraan di depan. Aman.

Asli begitu yang terasa saat test ‘sebentar’ All New Suzuki Satria F150. Itu terjadi di Sentul International Circuit pada peluncuran motor ini pada 16 Februari 2016 lalu. Saat itu sih media diberi kesempatan mencobanya bahkan pakai transponder. Khusus akselerasinya pun menggunakan metode drag bike.

Sejak awal sudah membayangkan motor idola ini akan mudah dioperasikan. Stater elektriknya ringan banget tanpa suara dan tanpa beban. Ketika menarik tuas kopling terasa empuk karena memang dibekali rumah kopling batangan lebih besar dari versi sebelumnya.

Masuk gigi 1, tidak ada gejala kejeduk. Masih posisi gigi 1, grip gas diputar responnya itu bro, macam pakai mesin 150 cc yang baru dibore-up. Kuat tarikannya. Umpan-umpan persneling ke gigi tinggi juga nyambung. Maksudnya close saking rapatnya percepatannya lantaran 6 speed. Memang masih ada gejala rpm turun luamayan di gigi rendah. Tapi itu wajar, karena Satria F150 ini motor standar, bukan pakai gigi rasio racing. Itu karena hitungan gigi rasio buat kebutuhan harian. Lanntas keenam speed-nya hanya terpakai di trek lurus Sentul.

Tapi antar giginya panjang  nafasnya. Ya itu tadi, karena injeksi dengan diameter TB yang 32 mm, terbesar di kelasnya. Juga dilayani dua nosel semprotan dengan empat lubang suplai bahan bakarnya, sehingga padat dan rata pembakarannya. Sedang ECU-nya dilengkapi 36 pin program terbaru, bahan bakar akan terus menerus pada tekanan 294 kPa (3.0kg/cm2;43psi).

Tentu di dalamnya kompresi yang tinggi (11,5:1) dibanding FU karbu yang hanya 10:1. Kompresi bisa tinggi, karena katup Satria injeksi ini dibikin tegak, maka pemampatan ruang bakar bisa ditinggikan. Akselerasi yahud dengan dicoba metode drag. Hasil kompresi ini dengan mudah dibuang knalpotnya yang lehernya otomatis lebih besar lantaran mengikuti diameter klep buang.

Ditanyakan lebih dalam masih ada rahasia tenagannya setiap gigi nggak abis-abis. Yaitu, pada saluran  IN dan EX dioptimalkan pada port-nya. Katanya kerena diameter TB besar, diameter klep Satria F150 FI juga harus besar yang  IN 24 mm dan EX 21 mm, padahal pada FU lama 21/19

Namanya injeksi tenaga tersalur halus dari pelan dipaksa kencang segera, boleh dilihat pada speedometer digital yang mudah terpantau. Rpm cepat naik seirama tenaga dan juga normal turunnya saat gas dikurangi di depan tikungan. Karena itu tadi, gigi rasio yang rapat

Sasis juga tak mudah menolak ajakan menikung. Ya nurut pada kecepatan tinggi. Kan sasis baru tipe  twin spar. Masih ada sasis tambahan berupa pipa kotak di bagian depan dekat rumah komstir. Pipa kotak ini menggantikan pipa bulat. Itu diperhitungkan karena standar Satria F150 Fi ini tembus di atas 130 km/jam untuk rigid. Juga ada balance power yang di taruh di bawah tangki bahan bakar. Pantas stabil. Makin stabil karena sokbreker depan teleskopik panjang dan belakang monosok.

Bodi Satria F150 Fi ini juga ramping. Nggak goyang walau di trek lurus mengambil sisi kiri yang embusan anginnya terkenal kencang menerpa bodi motor. Eh ternyata di situ bisa antep menembus angin, patut dapat jempol banyak. Berarti bodinya aerodinamis, mampu melepas angin.

Sisi kanan kiri spakbor terdapat 2 lubang mengarah ke radiator agar dapat suplai udara lebih banyak. Maksudnya itu penahan kotoran nggak memengaruhi lari motor. Sebab angin tidak terjebak di situ bro. Malah anginnya dimanfaatkan untuk radiator.

Boleh diajak menikung ekstrim sekalipun. Itu  All New Satria F150 telah dilengkapi Safety Shutter Key (kunci magnet pengaman) model terbaru. Lho apa hubungannya? Ya pokoknya ada tulisannyalah. Maksudnya walau footstep bukan racing yang selalu mudur, tapi kalau menggesek aspal bisa tertekuk, aman dan pede saat menikung.

Jangan khawatir dengan melimpahnya power, lalu tidak dapat menhentikan lajumnya. All New Satria F150 FI ini, telah dibekali petal disc brake performa tinggi pada roda depan dan belakang. Kapas rem depan menggunakan Bybre dan depan dengan Tokico special performa. MM

BACA JUGA

Drag Bike 2016; All New Satria F150 Fi (Injeksi), Rekor 6.7 Detik! Power Melimpah..

Mekanik Blak-Blakan Potensi All New Satria F150 Fi (Injeksi) Di Balap Motor, Hadangan MX King-Sonic 150R!

All New Suzuki Satria FU 150 FI Diluncurkan; Gumpalan Tenaganya Bro, Harga Di Bawah Rp 22 Juta

Suzuki Ekspor Satria F150 F1 Injeksi: Siapkan Sport 150cc

 

 

 

Data Spesifikasi Suzuki Satria F150 FI:
Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 675 mm x 980 mm
Wheelbase : 1.280 mm
Tinggi jok : 765 mm
Ground Clearance : 150 mm
Berat kosong : 109 kg

Mesin
Jenis mesin : 4-tak, liquid cooled, DOHC, 4-valve
Jumlah silinder : 1
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm
Kapasitas mesin 147,3 cc
Power maksimum : 13,6 kW / 10.000 rpm
Torsi maksimum : 13,8 Nm / 8.500 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem penggerak : Rantai
Transmisi : 6 percepatan 

 

Rangka
Tipe rangka : Underbone
Panel instrumen : full digital
Kapasitas tangki bahan bakar : 4 liter
Jarak tempuh : 200 km
Standar emisi : EURO 3
Shutter key, oil lever lens, ruang penyimpanan : tersedia

 

 

 

BAGIKAN