Alvaro Bautista dan Francesco Bagnaia Punya Kesamaan Kiat Juara Dunia di WSBK dan MotoGP 2022

Maniakmotor – Duo joki Ducati, Alvaro Bauatista dan Francesco Bagnaia memiliki kesamaan alasan untuk bisa menjadi juara dunia di WSBK dan MotoGP musim 2022.

Pasalnya, ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah perusahaan asal Borno Panigael, Italia itu untuk memenangkan gelar di kejuaraan dunia MotoGP dan Superbike dalam satu musim yang sama.

Perlu diketahui, Alvaro Bautista memenangkan gelar ke juaraan dunia Superbike World Championship (WSBK) di Mandalika pada hari Minggu 13 November 2022 kemarin. Sementara Francesco Bagnaia meraihnya di seri terakhir MotoGP pada 6 November 2022 yang lalu.

Direktur Olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti melihat ada kemiripan di antara keduanya dalam meraih gelar tersebut tahun ini.

“Ini selalu tentang kombinasi pembalap dan motor, itu lah yang kami tingkatkan bersama keduanya (Alvaro Bautista dan Francesco Bagnaia),” tuturnya.

“Alvaro (Bautista) sekarang memiliki perasaan yang sama bagusnya dengan Pecco (Francesco Bagnaia) di Desmosedicci,” katanya lagi.

Selain itu hambatan yang ada untuk kedua joki Ducati itu juga mirip-mirip, crash, dan banyak masalah lan terkait keberuntungan.

Menurut Paolo Ciabatti, Francesco Bagnaia harusnya bisa menjadi juara dunia lebih cepat jika tidak terhambat kecelakaan seperti seri Le Mans, Prancis ketika ia membuat kesalahan saat dikejar Bastianini. Sama juga seperti Alvaro Bautista yang sempat terjatuh.

“Kalau bukan karena kecelakaan malang yang disebabkan Jhonny (Jonathan Rea), dia akan menjadi juara lebih cepat, tapi itulah adanya,” tutur Paolo Ciabatti.

“Kadang-kadang anda tidak beruntung, tapi saya tidak percaya pada nasib buruk, Sebagian besar waktu, beberapa bahan tidak sempurna. Bahwa ada kesulitan yang perlu diselesaikan, atau bagian-bagian motor yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Menurutnya, perasaan yang sangat pas dengan motor akan menjadi game changer dan itulah yang Ducati bisa lakukan dengan joki-jokinya, baik di WSBK maupun MotoGP tahun ini.

“Ketika seorang pengendara merasa mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan dengan motornya, dan ketika dia memiliki keyakikan dengan tim yang akan selalu menyediakan motor terbaik, itu pasti akan memberinya motivasi dan kekuatan ekstra,” katanya.

“Alvaro Bautista dan Francesco Bagnaia sangat mirip, bahkan jika akhir pekan sempat sulit dimulaoi, tim akan menemukan solusi dan 95 persen nyaman di atas motor,” ujarnya.

Walhasil untuk WSBK 2022, Alvaro Bautista juara dunia pada perolehan 553 poin dan disusul Toprak Razgatlioglu dengan 487 poin pada klasemen sementara WSBK 2022 yang tetap akan berlanjut ke seri Philip Island, Australia.

Raider 

BACA JUGA 

BAGIKAN