nhk

AMA Supercross Di Tengah Amerika Juara Corona, Satu Lokasi 7 Seri, Boleh Ditiru Indonesia..!

ManiakMotor – Amerika saat berita ini diketik masih nomor satu dalam penyebaran Covid-19 di dunia. Tapi AMA (American Motorcyclist Association) alias IMI-nya Amerika melanjukan serial AMA Supercross 2020. Bahkan telah terlaksana Minggu 31 Mei 2020. Tapi dengan protocol Covid-19 yang ketat, namun sederhana yang boleh ditiru kejurnas Indonesia.

Sebenarnya ini lanjutan serial 2020 yang sebelum Corona telah terlaksana 10 seri.  Ahad kemarin adalah seri ke-11 pada event yang lebih dikenal dengan Monster Energy Supercross tersebut. Dan enam seri selanjutnya hanya dibikin dalam waktu tiga minggu. Nih seri 12 akan berlangsung Rabu 3 Juni 2020 di sirkuit sama dan berakhir 21 Juni 2020. Artinya seminggu dua seri yang tanpa penonton.

Seluruh yang terlibat dipastikan bebas Covid-19

“Balapannya mirip latihan, nggak ada sorak-sorak dari penonton. Terasa aneh. Tapi  harus sadar, ini balapan benaran ada pointnya. Maklum penonton adalah pemompa semangat,” kata Eli Tomac dari Monster Energy Kawasaki si juara seri 11 alias main event 450 cc.

Menggunakan satu tempat pada  Stadion Rice Eccles di Salt Lake City, di negara bagian Utah. Sengaja, agar seluruh peserta dan panitia dalam tiga minggu tersebut dapat diisolasi. Mereka nggak boleh keluar seenaknya cari warteg di sekiataran stadion. Dilarang berinteraksi dengan orang luar, selain panitia dan kru selama tiga mingggu yang ditargetkan. Begitu pula seluruh yang terlibat disuruh menginap di mobil-mobil tim dan karapan khas Amerika di sikitaran sirkuit.

Tetap jaga jarak alias social distancing saat event berlangsung. Pake masker juga dengan mencuci tangan 20 detik dengan air yang mengalir, ah itu seperti omongan juru bicara Covid-19 Indonesia, setiap hari.  Kecuali pembalap saat mengikuti race, masker boleh dilepas yang sudah digantikan helm.

Seluruh yang terlibat dengan jumlah terbatas yang satu pembalap hanya dibatasi 2 kru. “Ada sekitar 700 personel yang terlibat. Itu tidak sampai separuh dari jumlah orang saat event normal,” kata Jeff Robbins Presiden dan CEO dari Utah Sports Commision.

Mereka saat mendaftar dan masuk ke area stadion  harus bebas Covid-19 yang ditest langsung oleh petugas yang disediakan promotor. Begitu pula saat seri 17 selesai, saat meninggalkan stadion, seluruh yang terlibat wajib melakukan test Covid-19 ulang. Supaya boleh dipastikan sebelum mereka berkumpul dengan keluarganya di negara bagian masing-masing, tetap sehat.

Panitia AMA Supercross berharap, olahraga lain di dunia bisa belajar, meniru dan melengkapi langkah mereka di tengah Corona. Bisa ditiru Indonesia juga kan. Ayo, sederhana tuh. Raider

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353