nhk

ARRC 2013 Seri II Sentul QTT: Fadli Konstan 1 Menit 30 Detik, Suspensi Kuncinya

 

 

ManiakMotor – Sejak FP1 sebenarnya yang pertama mencetak 1 menit 30 detik dengan supersports 600 cc adalah M Fadli. Tapi dalam QTT seri II Asia Road Racing Championship yang berlangsung Sabtu 18 Mei 2013 di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa barat ini, Fadli malah terlempar pada posisi ke-3, tetapi dengan selisih time yang tipis dengan dua pembalap Malaysia.

Fadli juga mengalahkan Katsuaki Fujiwara. Fujiwara menyebut lintasan SIC tahun ini lebih bumpy. Ia mengaku kesulitan menyetel suspensi. Padahal, pembalap senior yang pernah malang dan melintang di supersports dunia tersebut, jadi pengajar setia soal suspensi bagi pembalap Indonesia yang membalap di Kawasaki.

Makanya Fadli mampu mencuri ilmunya soal setting suspensi di lintasan bergelombang. Kebetulan saja, ARRC di Sentul ini diawali dua kali seri IRS. Fadli punya kesempatan memperbaiki setelan suspensi Ninja 600-nya. “Tahun lalu SIC memang tidak bumpy, tapi beberapa bagian ditambal semen. Tahun ini lapisan semen dibuang digantikan aspal. Sambungan antar aspal tersebut yang buat permukaan jadi bergelombang. Settingannya suspensi harus lebih keras,” jelas Fadli yang merasa grip ban sekarang lebih bagus, walau bergelombang.

Lebih jauh Fadli menjelaskan untuk medapatkan waktu 1 menit 30 detik dirinya harus mencoba banyak variasi settingan suspensi. Ia coba gonta-ganti pegas sampai kompresi memanjang dan memendeknya. “Ternyata setelah suspensi dibikin keras, di trek bergelombang malah lebih enak. Karena sokbreker terima dua tekanan sekaligus. Ya dari atas akibat rem dan deselerasi, juga dari jalan keriting,” kata Fadli yang akan menggunakan settingan ini pada sokbreker Showa.

Ada puluhan karakter settingan suspensi yang harus dipilih. Pembalap harus pandai memberi masukan pada mekanik setiap sudut sirkuit, “Untuk belakang saja harus bisa mengakomodir tiap sisi sirkuit, jika settingan sudah tepat, pasti motor akan berlari maksimal,” tutup Ibnu Sambodo, punggawa Kawasaki Manual Tech IRC, tempat Fadli membalap.

Bagaimana dengan MotoGP ya. Adit

BERITA TERKAIT

Hasil ARRC Sentul Semua Sei, 17 – 19 Mei 2013

ARRC 2013 Sentul Seri II, Harusnya Semua Kelas Indonesia

ARRC Sentul 2013 QTT; Harlan Memang Piawai Wet Race

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353