nhk

ARRC 2015: Jelang Seri 1 Sepang, Semua Induk Merek Jepang Terlibat

ManiakMotor – Tahun ini Asia Road Racing Championship diikuti empat merek Jepang. Yang ikut pun langsung dari induknya alias principal. Mereka bertempur pada setiap kelas yang dipertandingkan.

Proyek Two Wheels Motor Racing (TWMR) alias promotor ARRC itu ronde pertamanya sudah mulai berlangsung dari 17 – 19 April. Lokasinya di sirkuit Sepang, Malaysia.  Setiap merek pun punya gacoan masing-masing di sana, kecuali Kawasaki dan Yamaha yang masuk di kelas open. Saat ini Yamaha sih fokus di 250 cc, kendati di bebek 130 motor mereka juga berseliweran.

Tentu saja itu hasi dari kerja TWMR yang mampu merayu Yamaha dan Suzuki masuk lagi setelah menghilang agak lama. “Balap motor bisa tumbuh bila principal langsung yang terlibat. Tahun ini dengan berbagai upaya kami bisa menyatukan mereka di ARRC,” jelas Ron Hogg direktur TWMR. 

Karena pemegang merek langsung dari Jepang yang ikut, ATPM setiap negara di Asia pun antusias. ATPM Jepang lihat saja hadir bersama joki-joki muda yang digabung dengan veteran kelas dunia. Si veteran sebagai pengajar dan yang muda belajar. Sama dengan ATPM Indonesia yang mengirim pembalap terbaik mereka di semua kelas yang ada di ARRC.     

Kawasaki dan Yamaha memang tidak membuka one make race seperti Honda dengan Asia Dream Cup atau Suzuki lewan OMR FU-nya. Kawak dan Yamaha ikut di kelas terbuka seperti supersports 600 dan kelas baru SP250. “Biar bagaimana pun kelas open punya gengsi tersendiri. Seperti MotoGP kan semua merek ikut, masing-masing boleh pamer teknologi di situ,” tutur M Abidin, GM Motorsport dan service Yamaha Indonesia.

YI tahun ini memang serius terjun di 250 dengan Yamaha R25 mereka yang memang lagi gencar dipromosikan. Tentu saja Kawasaki Motor Indonesia (KMI) tak mau diam saja. Kan mereka yang duluan dengan Ninja 250. “Sekarang saya sudah di bandara Jogja mau menuju Sepang. Ada tiga kelas kami ikut dan ketiganya di kelas open,” papar Ibnu Sambodo yang jadi perwakilan soal balap motor KMI.

Seru nih kelihatannya. Tapi yang paling ditungggu kelas baru SP250 yang jadi gengsi motor jalanan di Asean, terutama Indonesia. MM  

BACA JUGA

ARRC 2015 Test Sepang Supersports 600: Masih Yudistira Terbaik Dari Indonesia, Pakai Ninja 600

ARRC 2015 Test Sepang: SP250 Ninja Jepang Tercepat, Ditempel R25 Sigit PD, Regulasi Belum Rata

ARRC 2015 Testing Pramusim: Underbone 130 Tercepat Gupita Dengan Kawak Edge

ARRC 2015 Test Sepang: Di SP250 Class Ketat Antara Ninja Jepang Dan R25 Yamaha Indonesia

BAGIKAN