nhk

ARRC 2015 Losail Qatar (Race-2 AP250); R25 Indonesia Naik Podium, Mesin Dan Suspensi Ohlins

 

ManiakMotor – Memang Yamaha Finson diperkuat  pembalap Malaysia dan Australia. Aslinya ini tim dipegang orang Indonesia. Yamaha R25 yang naik podium di kelas AP250 di race-2 ronde 5 Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015 di Losail, Qatar pada Sabtu malam 3 Oktober 2015, juga korekan Indonesia.

Bedanya pengembangnya adalah pemilik tim sendiri yang hobi teknologi melajukan motor. Pokoknya kalau belum berhasil kencang, dia nggak bakal diam. Itu dia Eddy Saputra. “Pengembangan yang dilakukan sinergi motor agar mampu dibawa pembalapnya. Yang paling utama lagi, kinerja mesin R25 meningkat,  suspensi harus  sangat mengikuti. Ini yang kami kembangkan dalam tim soal R25,” jelas Eddy  dengan senyum sumringah.

Bagi Eddy, saat grafik power mesin melejit, bodi dan rangka motor harus bisa juga didiamkan oleh suspensi. Katanya, eran suspensi bisa memukul 2 detik ketimbang mati-matian berkutat dengan mesin. “Pembalap jadi lebih tenang memainkan motornya. Karena suspensi mampu meredam motor saat pengereman dan saat terima power usai tikungan untuk berakselerasi, hasilnya l konsisten saban lap,” tambah Eddy tanpa bermaksud mempromosikan sokbreker Ohlins-nya, hehe…

Maklum, Eddy adalah pemegang distributor Ohlins Indonesia. “Memang di Qatar ini ada pemasangan Ohlins terbaru untuk sokbreker depan dan belakang. Saat ini hanya suspensi yang bisa dimainkan banyak ketimbang mesin dengan aturan AP250,” kekeh Eddy.

Itu dibuktikan di Losail. Dari seri-seri sebelumnya, pembalapnya  yang bernama Kasma Daniel Kamayudin dari Malaysia bisa sejajar time-nya. Terutama dengan lawan berat yang empat seri lalu selalu di depan macam Kawak Ninja 250 Fi milik Trickstar (Jepang) dan Honda CBR300 milik AP Honda Thailand. Bahkan best time saat lomba dipegang Kasma dengan  2:24.177 dan silakan lihat di hasil.

Kasma itu statusnya mirip Galang Hendra (Yamaha Factory Racing Indonesia) yang masih ABG dan jam terbang minim. Keduanya barusan naik dari bebek, Galang dari MotoPrix dan Kasma dari Cub Prix di Malaysia. Sayang Galang malah cidera akibat jatuh di race 1 di Qatar. Padahal sudal mulai melawan. Infonya, Galang masuk meja operasi karena ada tulang yang patah. MM

BACA JUGA

Klasemen Dan Kejuaraan Tim ARRC 2015

Hasil ARRC Losail, Qatar 1 – 3 Oktober 2015

ARRC 2015 Losail Qatar (Race-2 UB130): Gupita Memastikan Juara Asia Lebih Dulu

ARRC 2015 Losail Qatar (Race1 SS600): Yudhistira Podium Dengan Kerja Keras

ARRC 2015 Losail Qatar (Race1 AP250): R25 Beri Kejutan Podium

BAGIKAN