nhk

ARRC 2015 Losail Qatar (Race1 AP250): R25 Beri Kejutan Podium

ManiakMotor – Memang yang podium bukan R25 dari Yamaha Indonesia. Tetapi lihat perjalanan race-1 Asian Production (AP) 250 ronde 5 Asia Road Racing Championship (ARRC) di sirkuit Losail, Qatar pada 2 Oktober malam di sana, gambaran berkembanganya R25. Termasuk di dalamnya pembalap Yamaha Tunggal Jaya, M Zaki masuk lima besar.

Ayumu Tanaka dari Yelowcom Akeno Racing Yamaha yang tentu saja dari Jepang memberi perlawanan keras. Dia bisa tempel Takehiro Yamamoto penggeber Ninja 250Fi milik Trickstar Racing Jepang. CBR300 from Honda Thailand juga dia lewati. “Aturan pengurangan bobot di Losail sangat berpengaruh pada stabilitas R25. Saya  bisa bikin motor lebih mulus masuk tikunganng. Terima kasih pada tim,” jelas Ayumu sebelum dia ke podium.

Tentu bukan hanya bobot, tapi dalam empat seri lalu ada perkembangan diilihat dari laju R25 dikebut Ayumu. Itu tadi dia bisa mengimbangi yang sebelumnya dikuasaii Ninja 250Fi dan CBR300. Demikian juga R25 yang digeber Zaki, Galang Hendra, Sigit PD dan Imanuel Pratna, ada peningkatan. Sayang Galang dan Imanuel malah jatuh. Khusus milik Zaki fastest lap-nya boleh mengimbangi yang di depan, kendati saat finish tertinggal 7 detik.

Buat Jepang seperti mekanik yang ada di Yamaha Factory Racing Indonesia (YFRI) dan tim satelit Yamaha TJM, mereka sudah putar otak. Tapi sekarang mereka ada contoh R25 seperti dikebut Ayumu. Ya  lambat laun mereka akan dapat dari segi teknik, Jepang geeetu loh. Sekarang tinggal jokinya yang direkrut memang para ABG. “Tetap ada perjuangan dari para insinyur teknik, terutama soal input dari pembalapnya. Harapannya sama, pembalap kami yang masih belia ini ikut cepat beradaptasi dengan progress kinerja motor,” cetus Wahyu Rusmayadi, Manager tim YFRI dari Qatar.

Nah kalau semua merek peserta berebut juara kan enak dilihat. Tunggu lagi race-2 sebentar malam. MM

BACA JUGA

Hasil ARRC Losail, Qatar 1 – 3 Oktober 2015

ARRC 2015 Losail Qatar (Race1 UB130): Gupita Kedua, Sebentar Lagi Juara Bebek Asia Tahun Ini

ARRC 2015 Qatar: Perjuangan YFRI Mengharumkan Bangsa, Ayo..!

ARRC 2015 Losail Qatar: AP250 Target Yamaha Indonesia Dua tahun, Teknologi R25 Berkembang

ARRC 2015 Losail Qatar: Kawasaki Indonesia Bisa Kunci Juara Bebek, Supersport Yudhis Kerja Keras

BAGIKAN