nhk

ARRC 2015 Qatar: Perjuangan YFRI Mengharumkan Bangsa, Ayo..!

 

ManiakMotor – Sudah disebut pada tulisan awal, tahun pertama adalah belajar buat Yamaha Factory Racing Indonesia Team (YFRI). Coba baca di putaran ke-5 Asia Road Racing Championship 2015 di Losail International Circuit Qatar, 1 -3 Oktober, joki andalan mereka ada yang baru pertama bermain di sana. Laganya malam pula pakai Yamaha YZF R25 dengan teknologi fuel  injection.

Sekilas YFRI menempati posisi tiga klasemen tim. Sedangkan standing point pebalap, Galang berada di posisi 7, Imanuel 13 dan Sigit 14. Modal itu yang mereka bawa ke Qatar. Juga modal mental tim YFRI disambut perwakilan kedutaan besar Indonesia yangg berada di Qatar.

Dari 4 seri yang telah dilalui, kekompakan tim meningkat lewat kerjasama yang apik. Lalu dari segi teknis motor yang kian sesuai dengan riding skill pembalapmya.  R25 sendiri ada rekayasa oil cooler dan radiator agar suhu mesin tetap ideal sepanjang balapan. Ini sudah dilakukan sejak seri 2.Knalpot juga ditingkatkan turbulensi gas buangnya, untuk membantu power. Knalpotnya ya tetap keluaran Sakura.

“Khusus di Qatar ini, pembalap harus sudah full throttle karena waktu adaptasi mereka hanya 2 hari. Mulai dari free practice sampai race berlangsung di hari Sabtu. Diharapkan mereka beradaptasi dengan tepat dan cepat serta dapat memberikan input untuk kinerja motor,” cetus Wahyu Rusmayadi, Manager tim YFRI dari Qatar.

Dalam persiapannya, Galang Hendra misalnya sepulangnya dari seri ke-4 di Burriram Thailand langsung belajar. ”Saya ikuti nasehat Pak Wahyu (manager YFRI) yang berpesan langsung turn on.  Dari seri 4 lang saya langsung lacak data sirkuit Losail melalui googling, lihat rekaman balap di youtube sampai coba sirkuit virtual kepunyaan teman,” ujar Galang yang berharap kesalahan di Thailand tidak terilang di Qatar.

Sigit PD pun juga melakukan hal sama. “Itu supaya sudah kira-kira soal out-in-out  Losail dan titik pengereman,” timpal Sigit. “Persiapan yang saya lakukan hanya latihan fisik saja, karena perbedaan cuaca yang sangat ekstrim disana,” kata Imanel Pratna.

Supriyanto selaku Manager MotorSport PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing YIMM) pun ikut menyemangati, “Para pebalap harus full konsentrasi untuk dapatkan hasil yang maksimal, pebalap harus lebih fokus karena pebalap mempunyai mimpi berprestasi d kancah internasional. Saat ini adalah kesempatan untuk meraih mimpi.”

Di free practice 1 – 3 yang berlangsung Kamis malam di Qatar dari akumulasi Sigit PD ke-6, Galang ke-11 dan Imanuel ke-12. Ayo tetap dukung dan doakan mereka agar dapat berprestasi di kancah international. Nantikan dan tonton siaran langsungnya yang oleh Inews tv pada Jumat 2 Oktober pukul 22.00 serta Sabtu 3 Oktober 00.30 WIB. Rilis/MM

BACA JUGA

Hasil ARRC Losail, Qatar 1 – 3 Oktober 2015

ARRC 2015 Losail Qatar: AP250 Target Yamaha Indonesia Dua tahun, Teknologi R25 Berkembang

ARRC 2015 Losail Qatar: Kawasaki Indonesia Bisa Kunci Juara Bebek, Supersport Yudhis Kerja Keras

 

BAGIKAN