nhk

ARRC 2015 Seri 1 Sepang FP3 SS 600: Yudhistira Pecahin Rekor Fujiwara, Sekalian Tercepat!

 

ManiakMotor – Baru kali ini pembalap Indonesia di kelas paling bergengsi ARRC bisa dua kali memimpin sesi latihan SuperPosrts 600. Itu dilakukan dalam keadaan normal alias kering, tidak hujan. Kemarin di FP2 dalam rangka seri pertama ARRC di sirkuit Sepang, Malaysia, HA Yudhistira (Kawasaki Manual Tech KYT) tercepat. Tapi di FP3 Sabtu 18 April, Yudhis sembari tercepat bikin rekor baru pula. Belum pernah dilakukan oleh siapa pun dari Indonesia, bahkan peserta tetap ARRC macam Jepang, Thailand, Malaysia dan Australia. Namanya juga pecahin rekor.

Rekor separuh sirkuit Sepang itu tadinya milik Katsuaki Fujiwara pada 2014 dengan Ninja 600 yang tercatat 1;05’184 saat kualifikasi. Fujiwara  saat ini mengkhususkan diri sebagai guru Yudhistira.  Yudhis di FP3 itu mencetak 1:05.152 yang dibuat Yudhis dengan kecepatan rata-tata 155.102 km/jam. “Ini kan masih latihan belum berarti apa-apa tapi sudah bisa mengukur diri,” jelas Yudhis sembari merendah.

Sepintas selisihnya tipis sekali, tapi Fujiwara yang mantan juara di kelas ini langsung memeluk Yudhis atas luapan kegembiraan.  Iya donk, itu petanda proses mentoring yang ditempuh ada progress signifikan. Ini sekaligus menegaskan, bahwa memang pembalap asal Kaltim itu terbaik dari Indonesia. Mengukur pembalap terbaik kan di kelas tertinggi yang ada di Indonesia, yakni Superpsorts 600. Sayang kelas ini di IRS malah dihilangkan status kejurnasnya oleh PP IMI.

Novel Faizal selaku manager tim yang diangguki Ibnu Sambodo, menyebut memang ada fine tuning yang signifikan sesaat sebelum latihan 3 dimulai. Evaluasi data logger, kompon ban, suspensi begitu katanya. Ya, lantaran lebih lengkap akan dibuka bila podium sudah digenggam. Wkwkw..

“Seperti yang saya sebut kemarin, harus ada rivisi pada power lewat set up ECU. Fokus sementara pada kualifikasi, strategi figh pada raceday, didiskusikan kembali dengan Fujiwara. Pengalamannya sebagai jawara memberi masukan berarti,” kata Yudhis yang tak lagi jomblo.

Di saat yang sama pelage Indonesia lain seperti Dimas Ekky Pratama (Astra Honda Racing Team), M. Fadli Imanuddin (Astra Honda Racing Team) dan Rafid Topan Sucipto (Team Kagayama Suzuki Asia) masih terlempar dari 5 besar. Ardel   

BACA JUGA

Hasil ARRC Seri-1 Sepang, Malaysia, 17 – 19 April 2015

ARRC 2015 Seri 1 Sepang; Gupito Vs Norisman, Adu Gengsi Dua Negeri!

ARRC 2015 Seri 1 Sepang; Yudhis Tercepat Practice 2 Supersports 600, Time 1:05.272, Mantap!

ARRC 2015 Seri 1 Sepang: Yamaha Finson Racing, Tim Privateer Yang Tak Keder!

ARRC 2015 Seri 1 Sepang: Kawasaki Manual Tech Rextor, Optimis Target Juara!

BAGIKAN