nhk

ARRC 2015 Suzuka AP250: Yamaha Turunkan Rey Ratukore, Galang Terbaik Dari Indonesia

ManiakMotor – Agak terlambat memang menurunkan Rey Ratukore di AP250 cc Asia Road Racing Championship (ARRC). Minggu ini ARRC sudah seri 3 berlangsung  5 Juli 2015 di sirkuit Suzuka, Jepang. Rey dari skill dan pengalaman jelas lebih mumpuni. Sepak terjangnya di sport pun sudah lebih baik dari hasil didikan Yamaha Indonesia (YI).

Sayang, Rey hanya turun sebagai wild card  di Jepang. Karena sebelumnya program untuk Rey telah dibikin oleh Yamaha Indonesia. Rey  disuruh balap di Jepang dengan rutin di supersports 600 dengan tim Jepang pula. “Makanya dia tidak masuk jadi embalap inti  Yamaha Factory Racing Indonesia (YFRI) untuk AP250,” kata Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia.

Rey sebenarnya mengaku tertarik main di ARRC AP250, tapi dia harus ikut program yang dicanangkan YI. Sebab komposisi  pembalap di YFRI sudah mencakup yang benar-benar bibit dan yang sudah jadi. Yang sudah jadi ini sebenarnya diwakli Sigit PD. Sigit sendiri di seri pertama cidera. “Saya hanya ikut program YI saja,” kata Rey ketika dia memperkuat DS Moto untuk kelas 250 di Sunday Race Yamaha Sentul.

Rey di Jepang ini didukung timnya di Jepang yang menjalankan programnya dari Indonesia. Tim tersebut RC Koshien.  Tim ini pasti didukung orang-orang mumpuni dalan teknik. Maklum, saat ini untuk Yamaha R25 justru perangnya ada pada program ECU-nya. Lebih tepatnya lagi soal software ECUyang pasti dikuasai mekanik Jepang.

Sementara yang terbaik dari jajaran joki yang dikirim YI ke AP250 adalah Galang Hendra Pratama. Posisinya di klasemen berada di posisi ke-6, sedang yang lima di atas dikuasai Jepang dan Thailand. Kans Galang terbuka karena seri 3 ini ada perubahan regulasi bobot pada R250. Kan setiap seri diperbarui regulasinya bro. Bobot tersebut sebelumnya dianggap sangat menganggu keseimbangan R25. Kalau sudah mengganggu berarti sulit dikendalikan di sirkuit.  MM

BACA JUGA

ARRC 2015 San Jelang R-Cup Sentul; SYS Support Yamaha Finson Racing Team, Rumah Kopling 6 Per R25!

ARRC 2015 Sentul AP250: Yamaha YZF-R25 Vs Rider, It’s Progress!

ARRC 2015 Sentul UB130: Akhirnya Indonesia Juara Juga Race-2

 

 

BAGIKAN