nhk

ARRC 2015 Test Pramusim: Dua Kelas Baru Salah Satunya Sport 250 cc

ManiakMotor – Ada lima kelas di Asia Road Racing Championship pada 2015. Dua tambahannya yakni OMR Suzuki Satria FU dan Kelas 250 Cc Open. Itu selain tiga kelas sebelumnya yang sudah berjalan. Yakni, Supersports 600, Underbone 130 dan Asia Dream Cup. Gengsinya ada tiga kelas, yakni yang tebuka atau boleh diikuti semua merek. Di situ ada Supersports 600, 250 class dan underbone.

Hari ini atau 1 April 2015 semua kelas ini melakukan testing pra musim di sirkuit Sepang, Malaysia. Semua kelas diikuti pembalap Indonesia. Bahkan diikuti langsung pabrikannya. “Saya berangkat Selesa 31 Meret, karena latihannya 1 – 2 April 2015,” kata Ibnu Sambodo dari Kawasaki Rextor Manual Tech yang ikut di tiga kelas terbuka. Ya di superports dia ikut, 250 cc doski menurunkan pembalapnya, apalagi bebek yang tahun lalu pembalapnya juara ARRC.

Khusus Sport 250 cc tentu paling manarik. Sebab inilah kelas terbuka pula yang bisa diikuti semua merek. Bahkan Yamaha Indonesia mengirim empat pembalapnya. Mereka tergabung di Yamaha Factory Team dan Yamaha TJM. Selain itu diikuti tim perorangan dari Indonesia yang menggunakan R25.

Di test pramusim ini masih dilihat soal regulasi lanjutan di kelas tersebut. Dengar-dengar Kawasaki meminta penambahan bobot pada R25. “Tapi itu nanti ditentukan dari hasil akhir test. Apakah butuh tambahan bobot berapa kg? Atau tidak sama sekali,”  cerita Eddy Saputra yang ikut melepas pembalap Australia dan Malaysia di sport 250 cc pakai R25.

Hasil test malah Kawasaki yang sangat laju di sport 250 cc. Terutama Kawasaki dari Jepang yang Ninja 250-nya dijoki pembalap Jepang juga. Dia sendiri yang berlari 1 menit 17 detik sekian-sekian. Sementara yang kedua dan seterusnya di atas 1 menit 20 detik. Timpang bangat tuh. Nah hati-hati menerapkan regulasinya dan ini pesan buat Two Wheel Motor Racing penyelenggara ARRC, jangan sampai seperti kejurnas 250 cc di IRS, gara-gara aturan jadinya tandus, ya sepi.

Demikianlah laporan dari Malaysia. Sayang sorenya Sepang disiram hujan lebat, sehingga test berhenti. MM

BACA JUGA    

Final OMR Suzuki FU Sentul 2015: Sudah Terpilih Tiga Pembalap Ke ARRC

ARRC 2015: R25 Tim Yamaha Indonesia Diklaim Hasil Mekanik Lokal, Di Sentul Besar 1:48

Yamaha R25 Untuk ARRC 2015 Kelihatan Di Sentul Sedang Ditest

ARRC 2015; Yamaha Indonesia Resmi Tampil Di Kelas 250 Dengan R25

 

 

 

BAGIKAN