nhk

ARRC 2015 Thailand (Seri 6): Seri Pamungkas, Tim YFRI Bertarung Kembali Harumkan Nama Bangsa

 

ManiakMotor – BURIRAM – Asia Road Racing Championship (ARRC) di Chang International Circuit di Thailand menjadi seri penutup gelaran balap bergengsi di Asia yang di helat 3-6 Desember 2015. Sampai seri ini, Yamaha Factory Racing Indonesia Team (YFRI), menempati posisi ke-4 klasemen tim. Sedangkan standing point pembalap, Galang berada di posisi 9, Imanuel di posisi 15 sedangkan Sigit di posisi 12. Tentu hasil tersebut belum memberikan kepuasan terhadap tim dan pembalap.

 

YFRI dibentuk dari pembalap benar-benar baru dan motor juga baru di kancah balap Asia. Makanya  progress yang ditunjukkan dari seri ke seri, patut dihargai.  Paling mencolok adalah seri ke-5 di Losail Qatar 1-3 Oktoer 2015, anak-anak YFRI bertarung di barisan terdepan bersama pebalap Thailand dan Jepang. Ini menjanjikan dari hasil development tim, pembalap dan racing service Kayaba & Sakura yang terus mendukung dan mendampingi team YFRI.

Datang ke Chang International Circuit sudah kedua kali tahun ini, kan sebelumnya ikut seri 4 pada  27-30 Agustus 2015. Seri ke 4 itu jadi refrensi, yang belum sempat ditanggulangi seri sebelumnya menjadi bahan koreksi di seri 6 ini. . Contoh misalnya Galang Hendra mengaku tidak konsisten di setiap tikungan. “Dari data logger di tikungan yang sama kadang bisa kencang dan kadang  pelan. Masalah tersebut yang perlu diperbaiki,” ujar Galang.

Begitupun dengan Sigit PD yang perlu perbaiki diri bersama motornya. “Seri 4 masih lambat dan perlu mencari racing line yang pas di tikungan R4, R5& R6. Masalah chattering pada saat menikung jadi bahan evaluasi,” ujar Sigit yang sempat membaik di FP2 dan FP3. “Hampir sama dengan Sigit, dicoba late breaking terutama di tikungan R5, sangat terasa,” cetus Imanuel Pratna.  

Yang berbeda pada seri final ini adalah YAMAHA MOTOR CORP ikut turut serta memfasilitasi 13 pembalap Yamaha termasuk Sigit, Imanuel dan Galang dengan mendatangkan riding advisor Shinichi Nakatomi. Nakatami memang pengalamannya di dunia balap tidak dapat diragukan lagi. Informasinya YAMAHA MOTOR CORP akan menyediakan class room lecture sebanyak 3 kali dimulai dari hari Rabu hingga Jumat. 

“Pada dasarnya kita tidak punya riding advisor, namun kita sudah punya bekal data pada seri sebelumnya. Ini kesempatan, adanya Riding Advisor yang diberikan oleh Nakatomi diharapkan kita akan mendapatkan data yang lebih tajam dan akurat lagi serta riding skill Sigit, Imanuel dan Galang semakin meningkat. Mereka semakin peka terhadap motor,” papar Wahyu Rusmayadi selaku Manager Tim YFRI.

Tidak hanya itu, di seri ini promotor ARRC punya program race berbeda. Latihan sampai race menghabiskan waktu 4 hari. Makanya sudah di mulai Kamis 3 November hingga Minggu. Namun penambahan race program tersebut tentu telah di persiapkan oleh seluruh tim, pembalap, teknisi dan sponsor dengan baik. “Kami semua berharap, tentunya pada seri terakhir ini dengan pengalaman selama 5 seri, pembalap dan  motor R25 bisa kompetitif. Doakan saja dapat mencuri podium di kandang lawan,” tambah Wahyu.

Senada dengan Supriyanto Manager MotorSport PT. YIMM yang menaungi team YFRI juga menyampaikan harapannya. “Main di kandang lawan harus memberikan motivasi podium pada final race nanti. Itu jadiu semangat selanjutnya development motor balap R25. Tentu di dalamnya  menambah jam terbang yang berkecimpung,” tuturnya.

Kalau begitu, mari terus dukung pebalap-pebalap muda kita untuk dapat mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Hasil ARRC Seri 6 Thailand 3 – 6 Desember 2015

ARRC 2015 Tahiland (Seri6): Yudhistira Front Row SS600, Bebek Makin Jaya, AP250 Makin Yamaha

ARRC 2015 Thailand (Seri 6): Latihan Hari Pertama, Pantas Yudhistira ‘Dikontrak Combo’

ARRC 2015 Jelang Thailand (Seri 6): SS 600 Yudhistira Pindah Ke Honda Dengan Paket Combo

ARRC 2015 Jelang Thailand (Seri 6): AP 250 YFRI Masih Tetap Akan Berjuang

 

 

BAGIKAN