nhk

ARRC 2016 Johor Malayasia (Seri 1): Galang Berkembang Memainkan R25

ManiakMotor – Finish ke-4 lewat pertarungan ketat, tanda ada progress dari pembalapnya. Kalau soal motor YZF R25 dengan aturan bobot terbaru jangan diragukan lagi. Race 2 di Asia Production (AP) seri perdana ARRC di  Johor Baru, Malaysia (2/4) lalu,  Galang Hendra Pratama sudah berjuang paling maksimal.

Rider andalan Yamaha Racing Indonesia (YRI) itu, tetap dibebani target podium. Yang di Johor baru nyaris.  “Seri ini Galang bisa menaklukan juara tahun lalu. Dari awal sampai finish berada di barisan depan. Walaupun posisi 4, tapi kali i ini Galang hebat. Dia ada perkembangan,” semangat Supriyanto, Manager Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

R25 dikebut rider asal Sleman, Jogja itu sudah kompetitif.  Aplikasi slipper clutch memang bisa mengurangi gejala torsi berlebihan (back torque) saat turun gigi. Engine brake-nya tidak terlalu kasar, karena kopling dipaksa slip oleh namanya slipper clutch. Makanya cepat masuk tikungan.

Tampak di sesi latihan bebas (FP 1-3), Galang ada diposisi ke-2 dengan best time 1:46.795. Sesi kualifikasi ke-10, tapi sayang harus terkena pinalti tambahan 15 deik. Race 1, Galang start di posisi ke-14 dan fisnih ke-8.  Race 2 kembali start dari ke-10 dan finish ke-4. Catatan pentingnya adalah mental bertarung, terlebih melawan trio Yamaha Racing Thailand yakni Apiwat Wongthananon, Peeraong Loiboonpeng, Anupab Samoon.

Ketiganya, tak hanya kompak tapi pintar memainkan startegi, melepas satu, sementara yang lain sebagai pengacau dan pelindung. Alhasil, race 1 dan 2 mutlak milik mereka. “Dia (Galang) memang bagus, tapi masih kurang berani main di tikungan. Motornya juga oke,” komentar Apiwat yang memberi sinyal Galang memang jadi target mereka.

So, harus lebih bernyali. Ardel

BACA JUGA

Hasil ARRC Johor Malaysia Seri 1, 31 Maret – 3 April 2016

ARRC Johor 2016: Suzuki Asian Challenge (SAC) Tolong Podium Dari Indonesia

ARRC 2016 Johor Malaysia: Harusnya Tahun Ini Dibuka Underbone 150, Pasar Indonesia

ARRC 2016 Johor Race-2 SS600: Gerry Salim Kalahkan Para Senior Di Supersports

ARRC 2016 Johor Race-2 AP250: Semua Podium Yamaha R25, Aturan Bobot 

BAGIKAN