nhk

ARRC 2016 Johor Malaysia: Harusnya Tahun Ini Dibuka Underbone 150, Pasar Indonesia

 

 

ManiakMotor  –  Terlihat dan terhitung peserta underbone 130 di ARRC menipis pesertanya. Ya terlihat di ronde pertama ARRC di sirkuit Pasir Gudang, Johor, Malaysia pada 2 April 2016 kemarin. Dan yang paling banyak kehilangan pesertanya dari Indonesia. Indonesia dalam sejarah ARRC penyumbang terbanyak  di kelas bebek tersebut.

Ini berkaitan dengan kebijakan pabrikan di Indonesia yang mengutamakan bebek 150 di balap motor lokal. Kelas ini saat ini diikuti tiga pabrikan besar di Indonesia. Masing-masing punya gacoan di pasar umum. Pas untuk promosi.

Honda punya Sonic 150R, Suzuki ada Satria F150 dan Yamaha ada MX-King. “Ya, saya tahu di Indonesia mulai ramai. Menyoal regulasi memang perlu dikritisi. UB 150 di ARRC lebih ke arah standart, biar ramai dulu. Pasti ini tahun depan dibuka,”ungkap Ron Hogg, direktur Two Wheel Motor Racing, promotor ARRC alias Asia Road Racing Championship.

Si Ron Hogg tak memungkiri bahwa dia memantau euforia kelas itu di Indonesia. Sebagai promotor dia pun mengeri aturan teknik, macam throttle body (TB) misalnya, motor standart dengan diameter terbesar jadi patokan. Wah sama dengan di Indonesia dong.

Rencana itu langsung direspon oleh Hawadis, tunner dari Yamaha TJM. “Yes, memang udah saatnya. Indonesia sudah ramai, Malaysia juga begitu,”kata Hawadis, mekanik  asal Madura yang htam manis berkumis tipis tersebut. 

Ya ditunggu. Eit Ron juga mengbarkan seri-4 ARRC yang sedia kala digelar di sentul International Circuit (SIC) awal Agustus.  Meski masuk dalam agenda, tapi belum memastikan. Katanya, masih menunggu management Sentul. “Aspal Sentul sudah rusak. Saya dapat kabar akan direnovasi, harusnya begitu memang sudah tua. Ini saja Sirkuit Pasir Gudang Johor lebih tua dari Sentul, namun masih lebih bagus aspalnya,” tukas Ron.

Artinya itu seri 4 belum pasti di Sentul? Ardel

BACA JUGA

Hasil ARRC Johor Malaysia Seri 1, 31 Maret – 3 April 2016

ARRC 2016 Johor Race-2 SS600: Gerry Salim Kalahkan Para Senior Di Supersports

ARRC 2016 Johor Race-2 AP250: Semua Podium Yamaha R25, Aturan Bobot

ARRC 2016 Johor Malaysia: Ayo Indonesia, Podium Dong, Untung Di SAC Ada

ARRC 2016 Johor Malaysia: Race-1 Supersports 600, Azlan Kembali Dari Moto2, Kawasaki Juara

BAGIKAN