nhk

ARRC 2016 Sentul (Seri 4) : 4 Wild-Card Pilihan Yamaha Disuplai Mesin YZF-R25

 

ManiakMotor –  Target harus juara di salah satu kelas puncak Asia Production AP 250 (AP250) bukan asal sebut. Setidaknya, ambisi itu datang dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang dibebankan kepada Yamaha Racing Indonesia saat tampil pada seri 4 Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016) di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, akhir pekan ini (5-7/8). Indonesia belum pernah menapak ke podium pertama dan jika berhasil menjadi hadiah istimewa buat hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Untuk mengejar prestasi itu, YRI sudah menyiapkan YZF-R25 dengan kekuatan tiga lapis. Lapis pertama, melalui duet  Galang Hendra Pratama dan Reynaldo Ratukore. Lapis kedua dipercayakan 

pada tim satelit Yamaha Traxx-D TJM Bien Racing dengan ujung tombak Imanuel Pratna yang bersama Galang baru digembleng teknik balapnya oleh Valentino Rossi melalui VR46 Riders Academy  di Tavullia dan sirkuit Misano, Italia.

Sedang lapis terakhir melalui pasukan wild-card berjumlah 4 pembalap. Memang, tiga pembalap seperti Willy Hammer dan Syarul Amin dari tim Yamaha Bahtera Racing serta JR Deden (Yamaha Akai Jaya) baru pertama berlaga di ARRC. Tapi, M. Zaky  dari Yamaha TJM sudah berlaga di semua seri ARRC tahun lalu.

“Kami yakin mereka dapat memberi perlawanan di kelas AP250. Kami pilih 4 rider wild-card hasil dari evaluasi di Yamaha Sunday Race dan kejurnas IRS. Mereka punya talenta dan prestasi menguasai kelas sport 250 cc nasional,” ujar Supriyanto, Manager Motor Sports YIMM.

Gebrakan Yamaha Indonesia mengejar podium pertama, tak cukup mengandalkan pembalap semata. Pabrikan garputala ini menyuplai mesin YZF-R25 kepada para mekanik tim satelit. Trus, para tuner itu
diberikan pengarahan dahulu dalam sesi Yamaha Technical Academy (YTA). Ini berkaitan dengan pemahaman regulasi ARRC yang ada perbedaan dengan Sunday Race atau IRS kelas 250 cc.

“Jadi tantangan kita dalam porting dan mapping pengapian. Selebihnya memang dominan standar,” jelas Yogie MBKW2, tuner yang mengawali JR Deden. Sementara Widya Krisna Laksana, mekanik Yamaha Bahtera, dengan tampil di ARRC bisa tahu bagian mana saja yang boleh dimodifikasi. Rilis Yamaha 

 

 

 

BACA JUGA 

ARRC 2016 Sentul (Seri 4): Sentul Milik Kita, Ayoo… Kita Juara, Indonesia! 

ARRC Sentul 2016 Jelang : Galang dengan Settingan Baru, Imanuel Didukung Riset Baru 

ARRC 2016 Jelang Seri 4 Sentul: Riset Baru Imanuel Ingin Pertajam Waktu 1 Menit 45 Detik 

ARRC Suzuka 2016 Race-1 SS600: Thailand, Malaysia Dan Jepang, Motor Terbakar

BAGIKAN