nhk

ARRC 2016 Sentul (Seri 4) AP250: Pakai Pelek OZ Racing, 1 Kg Harga Regulasi Bobot Rp 10 Juta!

ManiakMotorDua di antara wild card di kelas AP250 adalah Willy Hammer dan Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK Nissin NGK Bahtera Racing aRacer SSS). Kesempatan dan peluang yang tak boleh dilewatkan bagi dua rider andalan tim dikomando Novi Endaryono itu. Keduanya yang selama ini menguasai IRS dan Yamaha Sunday Race di kelas 250 cc.

Hanya saja, saat ikut Asia Road Racing Championship (ARRC) ronde 4 di Sentul, Indonesia 5 – 7 Agustus 2016, mereka kudu menebus regulasi dengan fulus. Karena tunggangan R25 sudah tak mungkin diturunkan dari sisi lain bobotnya. Apalagi menurunkan dari sisi pembalapnya, harus berbulan-bulan latihan fisik. Mau nggak mau, kudu beli spare part yang ringan. Itu kalau diurai untuk menurunkan 1 kg-nya, rogoh kocek Rp 10 juta tadi.

”Spek mesin cenderung standart. Untuk meringankan bobotnya diakali dari pelek, sekarang pakai OZ Racing produk Italia. Selisihnya 3,5 Kg dari pelek yang selama ini digunakan, lumayan berpengaruh,”ujar Widya Krida Laksana alias Gendut, chief mechanic tim asal Mojokerto, Jatim itu.

Benarkan, itu harga satu set pelek itu kisaran Rp 30-juta-an lebih sampai di tangan. Mantap kali! Yes, pelek ini juga banyak dipakai pada motor Moto2 dengan bahan magnesium. Untuk ukurannya,depan sama  2.75×17 dan  belakang 4.25×17. “Untuk belakang beda 0,25 inci lebarnya dari standar, jadi untuk menikung bisa lebih grip,”sebut Dedi Permadi, mentor tim yang fenomenal di balap motoprix saat ini.

Pastinya, berat roda tidak bisa dianggap dengan berat keseluruhan kendaraan dan memberi efek yang sama. Jelas beda, karena berat di roda spesial. Roda berputar, maka massa yang dihasilkan adalah perkalian antara berat dan rotasi. Mesin lebih ringan menghelanya. Tapi, peserta di AP250 sudah lebih dulu menggunakannya setelah aturan bobot direvisi tahun ini! Artinya yang dilawan juga punya bobot yang ringan. Ardel

BACA JUGA

Hasil ARRC Seri 4 Sentul, Indonesia 5 – 7 Agustus 2016

ARRC Sentul 2016 Seri 4: Terkendala Customs, Free Practice Dua Kali!

ARRC 2016 Sentul (Seri 4) : 4 Wild-Card Pilihan Yamaha Disuplai Mesin YZF-R25

ARRC 2016 Sentul (Seri 4): Sentul Milik Kita, Ayoo… Kita Juara, Indonesia!

ARRC Sentul 2016 Jelang : Galang dengan Settingan Baru, Imanuel Didukung Riset Baru

ARRC Sentul 2016 Jelang:Galang Siap Terapkan Ilmu Rossi, Ratukore Kuda Hitam

 

 

BAGIKAN