nhk

ARRC 2016 Seri 2 Thailand: YZF R25 (YRI) Pakai RAM Air Alias Air Scoop?

 

 

ManiakMotor – YZF R25 pacuan rider Yamaha Racing Indonesia (YRI) terus diimprove. Macam seri 1 lalu ada slipper clutch. Itu lho, piranti untuk mengurangi epek engine brake  berlebihan. Namanya engine brake pasti saat turun gigilah. Kopling akan ‘diselip’ maka motor akan meluncur mulus.

Nah, kali ini atau di seri 2 ARRC (Asia Road Racing Championship) ada RAM Air. Apa itu?  Fungsinya untuk corong masuk udara yang d iposisikan pada bagian depan motor. Salurannya langsung terhubung pada kotak filter udara.

Ah ini sih air scoop, kalau dibilang RAM air, sama sajalah. “Jadinya, udara yang masuk dengan cepat menciptakan tekanan di dalam air box, volume dan kecepatan angin bertambah,” sebut Wahyu Rusmayadi, manager Yamaha Racing Indonesia (YRI) seraya menegaskan kalo piranti yang dimaksud sebenarnya sudah diaplikasi juga saat seri 1 lalu.  

Lalu, corong ini didikung dengan saluran ke kotak filter menuju throttle body yang presisi bentuknya. Posisi berjauhan dari mesin dan radiator. “Dengan itu akan selalu mendapatkan udara yang dingin ke saluran isap sampai ruang bakar. Itu memnberi peningkatan power yang dihasilkan pada putaran bawah dan tengah,” lanjut Wahyu seraya sebut Yamaha Thailand lakukan hal yang sama tapi tetap menggunakan fairing standart yang dimodif.

Boleh saja langkah itu, tapi harus diiringi dengan injector yang tajam dan besar mengirim bahan bakar. Sebab percuma udara yang kaya,  tapi bensinnya miskin. Yang ada motor malah batuk-batuk. Tenaga di atasnya juga nggak bakal rata. Kan kelebihan udara. Maka dibutuhkan kecepatan dan pencampuran yang sama dari udara dan bensin, agar homogen. Ardel

BACA JUGA

ARRC 2016 Seri 2 Thailand: Galang Hendra Pratama, Target 5 Besar (Race 1 dan 2)

ARRC 2016 Seri 2 Thailand: Thailand, SS 600, HBD Yudhis, Kans Podium Buriram?

ARRC 2016 Johor Malayasia (Seri 1): Galang Berkembang Memainkan R25

ARRC Johor 2016: Suzuki Asian Challenge (SAC) Tolong Podium Dari Indonesia

ARRC 2016 Johor Malaysia: Harusnya Tahun Ini Dibuka Underbone 150, Pasar Indonesia

BAGIKAN