nhk

ARRC 2016 Thailand Seri 6: Duel R25 Vs Ninja FI250, Imanuel Putra Podium

ARRC Ap250 Thailand

ManiakMotor – Duel Yamaha YZF R25 dan Kawasaki Ninja Fi 250 di race-2 AP250 dalam rangka ronde akhir ARRC 2016. Pertempuran itu terjadi di sirkuit Chang International Buriram, Thailand pada Ahad 4 Desember 2016. Antara Apiwat Wongthananon (Yamaha Racing Thailand) yang pakai R25 dan Takehiro Yamamoto (Trickstar Racing) menggunakan Ninja 250.

Road race, ARRC, Buriram, Thailand, Galang, Imanuel
Imanuel Pratna, memang tampil baik

Sejak dilepas start keduanya sudah memisahkan diri dengan rombongan kedua. Skill keduanya pun seimbang. Keduanya mampu mempertahankan putaran mesin lebih tinggi di tikungan ketimbang lawan lainnya. Apiwat ini juara AP250 untuk tahun ini yang juaranya sudah ditentukan di seri Sentul lalu. Sedang si Yamamoto pemegang juara tahun lalu.

Kekuatan motor pun imbang, sangat. Namun ada celah yang disimpan Apiwat terhadap pemahaman sirkuit Buriram. Di last lap dua tikungan sebelum finish Apiwat berhasil main tipis-tipis terhadap racing line. Kalau makin tipis kan makin singkat jarak sirkuitnya. “Dua tikungan itu memang jadi kesukaan saya. Saya tahu persis membuat motor lebih laju di situ,” sebut Apiwat yang diterjemahkan oleh juru bicaranya dalam bahasa Inggris. “Sulit mengimbangi kecepatan Apiwat. Dia (Apiwat) lebih kenal sirkuit,” timpal Yamamoto dalam bahasa mamanya yang ditejemahkan oleh pendampingnya sebelum dia naik podium.

Yang paling bangga tentu Imanuel Pratna. Pembalap setelit Yamaha Indonesia di Yamaha TJM itu, memang kurang dihitung. Itu mengingat kendala motornya sejak sesi latihan bahkan saat kualifikasi terlempar di luar 10 besar. Tapi saat lomba dia bisa merawat posisinya sampai di akhir-akhir lap dari 10 pusingan bisa ke rombongan kedua.

Iamanuel mengaku untuk podium ketiga mengeluarkan semua keterampilannya. “Di awal-awal lap saya jauh dari barisan depan. Tapi saya dorong terus sehingga bisa finish,” sebut Iamanuel yang tertinggal 8 detik dari Yamamoto saat finish.
Eh Galang Hendra ke mana? Ah ternyata Galang ada masalah pada motornya. Itu yang terlihat di layar kaca. MM

BACA JUGA

Hasil Seri 6 ARRC Thailand 1 – 4 Desember 2016

BAGIKAN