nhk

ARRC 2017 AP 250: Ibnu dan Leon, Sama Saja Bo’ong Revisi Regulasi Bobot

CBR250RR kampiun ARRC

 

ManiakMotor Revisi regulasi AP250 yang menitikberatkan pada perubahan bobot menuai tanggapan dari Ibnu Sambodo (Kawasaki Manual Tech) dan Leon Candra (Yamaha TJM). Kedua tunner sekolahan itu sepakat,  perubahan regulasi itu nggak ngaruh.

“Perubahannya masih belum imbang walaupun bobotnya dikurangi. Kelihatan penyelenggara teknik ARRC nggak tahu kondisi di lapangan? Sekarang R25 ditimbang dalam kondisi spek Asia (velg Galespeed), kering tanpa bensin paling ringan 132 kg tanpa rider,” ujar Leon dengan yang mengandalkan  Imanuel Putra Pratna dan R. Fadhil berlaga di kelas paling ngehits itu.

Mau dikurangi dari bagian mana tuh motor dengan aturan mesin yang sangat ketat, hehe. Mungking nggak disuruh pakai rangka, haha. Atau nggak disuruh pakai tangki bahan bakar atau sekalian nggak isi bensin, hus…

“Perubahan bobot ini benar, walau sudah di tengah kompetisi. Tapi aplikasi di lapangan aja yang belum tepat. Seharusnya, panitia ARRC lebih cermat mengamati minimum weight untuk masing-masing motor. R25 dry weight di 132 kg sangat wajar, tapi bagaimana dengan Kawasaki pada kisaran 138-140 Kg. Mau dikurangi dari apanya lagi, mau diganti titanium semua juga nggak dapat 130 Kg,” lanjut Leon seraya bilang idealnya justru CBR250RR yang ditambah (dibebani) jadi 137 Kg atau 138 Kg. Itu yang masuk akal dan logika, mengingat CBR250RR ini unggul rata-rata 2 dk dengan diameter klep lebih besar 1,5 mm dari lawan!

“Perubahan aturan tersebut tidak signifikan. Saat ini saja, kita tidak bisa membuat bobot Ninja 250R lebih ringan dari 136 Kg. Apalagi 130 Kg. Mau dicari ke mana penurunan 6 kg. Padahal velg sudah ganti, aki yang paling ringan dan baut-baut juga. Magnet dilarang, apalagi isi mesin. Seharusnya, perubahan tersebut diikuti perubahan lain sehubungan potensi mengganti part menjadi lebih ringan. Kalau sekarang, nggak bisa, sudah mentok,” terang Pak De-sapaan akrab Ibnu Sambodo.

Jadi, ya sama saja bo’ong kata orang Jakarta regulasi bobot tersebut dibebankan pada Ninja dan R25? Ardel

BAGIKAN