nhk

ARRC 2017: Race-2 AP250, Sudah Nggak Imbang… Regulasi????????

ARRC Suzuka 2017 250

ManiakMotor – Mantap… Indonesia juara di AP250. Lebih mantap lagi kalau antar merek seimbang. Sebab ini balapan motor umum yang dibikin racing. Bukan motor racing yang keluar dari pabriknya seperti Moto3, Moto2 dan MotoGP. Itu motor dicetak atas regulasi yang sangat ketat. Tujuannya balapan yang adil, agar imbang.

Kalau semacam AP250, motor harian yang dibalapkan dibikin untuk menang pada jualan umum, hehe. Yang selalu belakangan pasti belajar dari kelemahan merek dan tipe lain yang sebelumnya diluncurkan. Nah, untuk imbang tergantung promotornya mengatur regulasi.

Honda CBR250RR baru tahun ini diluncurkan di pasaran dan langsung ikut ARRC 2017. Walau sama-sama 250 cc, dasar mesinnya berbeda terutama pada alur masuk bahan bakar dan buang yang lebih besar 1,5 diameter dari lawan. Niscaya langsung tak sebanding saat di balapkan dengan aturan ARRC yang mewajibkan mesin std. Beda dengan aturan IRS Sentul yang terlihat imbang, karena alur masuk-buang bahan bakar boleh dikorek lewat kem.

Sejak ronde pertama ARRC sudah terlihat. Dan makin terlihat di ronde 3 di Suzuka, Jepang. Di race-1 pada Sabtu 3 Juni 2017, posisi 1 – 5 dikuasai para penunggang CBR250RR. Juaranya dari Indonesia, Gerry Salim (Astra Honda Racing Team). Sama juga dengan race-2 dengan mudahnya para penunggang CBR250RR mengoreksi kesalahan mereka.

Kalau unggul motor, racing line acak kadut saja bisa ditutupi mesin yang lebih kuat. Des, race-2 ini dimenangi Gerry lagi. Harusnya 1-4 CBR250RR. Tapi di tikungan terakhir pada jatuh sesama penunggang CBR250RR yang salah satunya melibatkan Rheza Dhanica. Itu dimanfaatkan Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand) yang tadinya sudah pasrah ke-5. Ada juga R25 yang jadi keempat akibat jatuhnya dua CBR250RR, yakni Galang Hendra dari Yamaha Racing Indonesia.

Dengar-dengar sih akan ada perubahan aturan usai Suzuka. Macam tiga tahun lalu awal-awal AP250 diputar di ARRC. Setiap dua seri diubah aturannya, agar imbang. Tapi ini sampai seri ketiga adem ayem tuh. Tapi nggak papa deh, INA yang menang. MM

BACA JUGA

Hasil ARRC Suzuka, Jepang 2 – 4 Juni 2017

 

BAGIKAN