nhk

ARRC 2018 India (Race 2) : R25 Rafid Topan Podium Juara (AP250), Duet YRI Pertajam Best-Time, Wahyu A Klasemen ke-4

Selamat bro

ManiakMotor – Sukses deh, pembalap tim satelit Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery, Rafid Topan Sucipto. Ia podium juara kategori Asia Production 250 (AP250) dalam seri ke-4 event Asia Road Racing Championship 2018 (ARRC 2018) di Madras, India (5 Agustus). Itu berlangsung di race ke-2.

Lagu Indonesia Raya pun, berkumandang menghantar kemenangan pembalap asal DKI Jakarta ini. Dia layak berdiri di podium tersebut, sehubungan pertarungan AP250 yang wajib melahap 12 lap berlangsung sangat ketat. Kiat tegang pada 3-4 lap menjelang finish.

M Faerozi, ARRC India Race 2

Topan yang memimpin jalannya race sempat digeser Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand Racing Team). Namun Topan dengan jam terbangnya mengambil-alih kembali. Pada lap akhir kembali dengan AM Fadly (Kawasaki Racing Team). Namun, Topan yang membesut  Yamaha YZF-R25 bisa mengatasinya sembari jaga racing line.

“Alhamdulillah, senang podium juaranya di India. Terima kasih kepada tim dan Yamaha Indonesia. Walau ketat, saya tetap fokusr. Seri ke-5 nanti saya sebagai pembalap tuan rumah, akan berjuang meraih hasil yang terbaik untuk Indonesia,” terang Topan yang sekarang ini ada di urutan ke-4 klasemen sementara.

Masih di kelas AP250, petarung Yamaha Racing Indonesia, Richard Taroreh finish ke-9 dengan best-time 1 menit 49,250 detik. Sedang M Faerozi tidak dapat menyelesaikan balapan karena mengalami insiden. Namun catatan waktunya lebih tajam, yaitu 1 menit 49,375 detik yang sebelumnya 1 menit 49,712 detik (race 1). Dan juga Anggi Setiawan hanya mampu finish ke-8.

“Start race 2, langsung masuk rombongan depan. Konsentrasi mengikuti, lap ke-3 sempat ke-5. Namun memasuki lap ke-4, ada rider yang terjatuh, sempat tertahan dan terpisah dari rombongan depan, turun ke-7. Lap akhir, dimasuki dua pembalap jadinya ke-9. Seri ini menjadi pengalaman dan modal penting bagi saya untuk memperbaiki pada race selanjutnya,” ucap Richard yang saat ini ke-13 klasemen sementara AP250.

Wahyu Aji Klasemen ke-4

M Faeroz juga masih berusaha beradaptasi, lantaran baru tampil perdana di Madras, “Moment start kurang baik, terjebak di grup 2. Lap awal, sudah high-side. Disusul dengan insiden pembalap lain, saya out nggak bisa lanjutkan lomba. Saya akui hasil race ini kurang menggembirakan. Saya dan tim akan berjuang di seri berikutnya, dimana seri nanti sebagai tuan rumah,” tukas Faerozi yang berada di deretan ke-15 klasemen sementara AP250.

Sementara Underbone 150 cc (UB150), Wahyu Aji dapat memperbaiki hasil race 1 yang  mengalami accident dan tidak dapat menyelesaikan balapan. Race 2, racer asal Ajibarang, Banyumas ini finish ke-7 dari total 18 starter yang terlibat. Hasil dari race pertama dengan tidak mendapatkan data, membuat tim tidak dapat memperoleh set-up mesin yang optimal dalam perjalanan 10 lap UB150.

“Sejak lap awal sudah ketinggalan dari rombongan pertama. Saya dan tim tidak menemukan settingan yang maksimal. Saya menjaga ritme untuk mengamankan poin saja. Seri ke-5 nanti, saya sebagai tuan rumah di Indonesia akan berusaha maksimal. Dan juga hasil dari tahun sebelumnya akan menjadi motivasi meraih podium kembali,” tutur Wahyu Aji.

Mengacu pada hasil klasemen sementara UB150, Wahyu ke-4. Tentu saja, seri ke-5 ARRC 2018 Sentul akan menjadi media signifikan baginya untuk meraih poin sebanyak mungkin dan merubah posisi klasemen nantinya. Adapun seri ARRC 2018 Sentul akan dihelat pada 12-14 Oktober nanti. Rilis Yamaha

BAGIKAN