nhk

ARRC 2018 Thailand (Race 1 AP250): Rafid Topan Antar YZF-R25 Podium Juara

Topan sedang memimpin masuk finish

ManiakMotor – Race 1 kelas Asia Production 250 (AP250) seri final Asia Road Racing Championship (ARRC 2018) di lintasan Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (1 Desember) ketat sejak lap awal. Tidak ada dominasi, rider silih berganti memimpin perjalanan race dalam 10 lap.

Dirayakan pasukan Yamaha TJM, tim satelit YRI

Demikian terus berlangsung, hingga dua lap terakhir, kompetisi makin panas. Berbagai cara dilakukan joki untuk ke depan. Salaing memanfaatkan momen slip-streaming di trek lurus, late-breaking atau masuk dari semua sisi yang menguntungkan di tikungan.

Pembalap tim satelit Yamaha TJM, Rafid Topan dapat memanfaatkan kemelut di tikungan terakhir. Ada sekitar 5 pembalap masuk bersamaan. Topan yang berasal dari DKI Jakarta berada pada racing-line yang paling dia suka, maka dapat memaksimalkan motor saat keluar tikungan. Rafid pun sukses antar Yamaha YZF-R25 meraih podium juara AP250 dan menyingkirkan Awhin Sanjaya dan Muklada Sarapuech.

Galang Hendra Pratama AP250 (Yamaha Racing Indonesia)

Dengan hasil ini, membuka peluang Topan untuk runner-up klasemen akhir AP250.  Saat ini Topan ke-3 klasemen sementara AP250, berbeda 4 nilai dari Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand Racing Team). “Ahamdulillah, terima kasih untuk kerja keras tim dan teknisi pada race pertama. Lepas start, fokus masuk 5 besar. Start dari grid 10, masuk lap ke-5 sudah bisa fight di rombongan depan. Tinggal atur strategi di lap akhir. Tikungan akhir, coba masuk dalam dan bisa keluar lebih cepat sampai finish. Saya juara,” ujar Topan. Sayang rekan setim Topan, yaitu Anggi Setiawan mengalami kendala teknis.

Masih di kelas AP250, sejak awal Galang Hendra Pratama konsisten berada di barisan depan. Bahkan petarung tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) ini sempat beberapa kali memimpin jalannya balapan. Namun pada beberapa tikungan di lap akhir, power motor terasa berat hingga harus puas ke-8.  Dari hasil resmi Galang berada di posisi ke-7, karena Muklada dapat sanksi saat overtake keluar tikungan terakhir.

Richard Taroreh

“Sebenarnya enjoy di race pertama, saya start dari grid ke-9. Start juga baik, langsung masuk barisan depan. Sempat memimpin. Di 2 lap terakhir, coba atur ritme. Di lap terakhir, keluar dari tikungan ke-2, feeling pada motor berbeda dan harus mundur ke  belakang. Race ke-2, saya akan melakukan permainan terbaik. Optimis meraih hasil yang maksimal,” tutur Galang yang menggantikan Faeroz yang sedang dalam proses penyembuhan cedera pada tangannya.

Disamping itu, rekan se-tim Galang Hendra, yaitu Richard Taroreh mengalami kendala teknis dan harus masuk paddock. Padahal Richard start dari grid ke-16 dan sudah berjuang hingga masuk di deretan ke-8. Tapi itulah sebuah kompetisi yang tidak dapat diprediksi.

“Mulai dari kualifikasi, hanya ke-16 karena saya mengalami crash di tikungan ke-7. Saat race mulai, saya dapat fight bergabung dengan rombongan depan dan sempat di posisi ke-8. Pada lap ke-7, saya merasakan yang aneh pada motor dan lebih baik masuk ke pit untuk tidak melanjutkan race pertama ini. Saya berharap di race ke-2 bisa memberikan hasil yang maksimal,” tukas Richard Taroreh. Race ke-2 akan berlangsung pada hari Minggu (12 Desember) pukul 14:05 WIB. Rilis Yamaha

BACA JUGA

Hasil Final ARRC Thailand, 30 November – 2 Desember 2018

Ronde 6 ARRC Thailand 2018: Superpole UB150 MX-King Wawan Wello