nhk

ARRC 2019 Suzuka, Jepang (Hari ke-1): Faerozi Pertajam 5 detik, Rookie Nugroho dan Aldi Lolos Superpole

ManiakMotor – M Faerozi, akrab dipanggil Faeroz terus mempertajam waktunya hingga 5,524 detik. Itu dilakukan dalam rangkaian sesi latihan bebas pertama (FP1) hingga latihan bebas ke-3 (FP3) di kelas Asia Production (AP250). Event ini berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang (28 Juni) dalam rangka Asia Road Racing Championship.

Faeroz di FP3 menorehkan 2 menit 30,427 detik. Sebelumnya di FP1 dan FP2 masing-masing 2 menit 35,951 detik dan 2 menit 31,094 detik. Kondisi yang membuktikan adanya perubahan signifikan pada set-up motor dan juga skill-up Faeroz yang 16 tahun tersebut.

“FP1 saya crash di awal sesi karena cuaca yang masih dingin, kehilangan grip. Data sempat tercecer. Saat FP2, dari lap awal membangun set-up dan terus mempercepat laju motor. Di lap ke-4, saya mengalami crash lagi di tikungan ke-13 menuju 14. Terlalu cepat membuka throttle dan high side. Di FP3 coba rubah settingan suspensi serta gir dan hasilnya sangat baik. Saya yakin mendapatkan hasil yang baik di top group,” tutur Faeroz yang sukses meraih podium ke-3 saat ARRC 2019 Thailand.

Rekan setim Faeroz, yaitu Anggi Setiawan juga berupaya mencari set-up Yamaha YZF-R25. Pembalap asal Palu, Sulawesi Tengah ini ada di urutan ke-17 dalam hasil kombinasi FP1, FP2 dan FP3. Best-time Anggi Setiawan diraih pada FP2 dengan ukiran waktu 2 menit 32,218 detik.

“Hasil hari ini, saya fokus pada set-up suspensi, dari FP1 sampai FP3 terus mengalami perubahan semakin baik. Hanya belum menemukan ritme untuk meraih catatan waktu yang baik. Saya dan tim sudah berdiskusi akan mengkombinasi hasil hari ini untuk persiapan kualifikasi dan race,” tukas Anggi Setiawan.

Sementara, dua rider muda Yamaha Racing Indonesia (YRI), Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra berusaha maksimal untuk melakukan adaptasi. Ini penampilan pertama mereka di Suzuka. Progress catatan waktu berlangsung sejak sesi latihan bebas (FP) hingga kualifikasi Underbone 150 (UB150). Penting untuk modal mereka dalam babak Superpole penentuan starting grid, Sabtu (29 Juni).

“Ini pengalaman pertama di Suzuka. Di FP1 tadi sempat hujan, tadi mencari racing line namun belum maksimal. Di FP2 sudah kering, coba mencari line yang lebih baik dan berusaha mendapatkan time juga. Saat QTT, ada perubahan pada gir dan akhirnya dapat posisi ke-11. Untuk Superpole dan race 1, saya akan berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil bai,” tutur Wahyu Nugroho yang berhasil meraih podium ke-3 dalam seri ke-2 ARRC 2019 Thailand.

“Hari ini adalah pengalaman saya melakukan free practice di Suzuka. Sayangnya di FP1 saya tidak dapat menemukan set-up. FP2 saya tidak lama-lama untuk mengenal karakter sirkuit dan mancari settingan yang baik untuk kualifikasi. Alhasil, ada perbaikan catatan waktu dari FP2 ke kualifikasi dan lolos untuk mengikuti sesi superpole. Semoga pada sesi superpole dan race pertama saya bisa meraih hasil yang terbaik,” timpal Aldi Satya Mahendra yang beberapa hari lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-13.

Ayo dukung terus tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang berjuang di ARRC 2019 Suzuka. Semoga mereka dapat mengharumkan nama Indonesia di pentas balap internasional. Serta dapat meriah podium tertinggi untuk Merah Putih Semakin Di depan. Yamaha Gasspoll! Rilis Yamaha Racing

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda 2019 Moto2 dan Moto3

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353