nhk

ARRC 2019: UB150 Kedatangan Mekanik Jago Knalpot Proliner, Patokannya Bukan Hanya HP

Achos, mekanik Proliner 549 Kaboci di ARRC

ManiakMotor – Disebut-sebut Achos De Lalang mekanik yang detil. Salah satu contoh saat meramu knalpot. Tunner dari Kabaci 549 yang sekaran jadi mekanik Proliner 549 Kaboci untukUB150 ARRC ini, punya hitungan yang mampu melejitkan korekannya.

Dan yang mampu menjalankan ramuanya sehingga menjadi knalpot mujarab adalah Proliner. Maklum perusahaan knalpot ini bekerjasama dengan mekanik papan atas Indonesia untuk rumus-rumus knalpot, “Setiap mekanik punya hitungan di Proliner. Dan itu jadi rahasia perusahaan untuk tidak saling membocorkan pada sesama mekanik,” papar Robie Ganie dari tim R&D PT Enwan yang memproduksi knalpot Proliner.

Jadi, karena keunggulannya terhadap knalpot – tidak mengabaikan mesin – Achos didaulat oleh Proliner membuat tim ke ARRC. Nama timnya Proliner 549 Kaboci yang bermain full series ARRC 2019 di kelas UB150, “Sebenarnya sih sama dengan mekanik lain. Cuma saya aktif berkomunikasi secara tekniks dengan R&D Proliner,” papar Achos.

Achos langsung menjabarkan maksudnya. Dia contohkan soal house power (HP) atau daya kuda (dk) alias tenaga pada knalpot. Saat naik mesin dynopatokannya bukan tinggi-tinggian tenaga. Yang justru dia perhatikan karakter knalpot setiap kali diubah pipa dengan rumus awal.

Lebih jelas lagi, knalpot ikut menjaga konsisten tenaga sepanjang lomba. “Untuk apa tinggi-tinggian HP, tapi hanya terpakai 3 lap. Padahal lomba bisa 10 lap di sirkuit besar. Maka yang dibutuhkan besaran tenaga dari start sampai finish. Itulah pegangan saya menentukan suatu desain knalpot,” tambah Achos yang sudah membuat mesin untuk ARRC 2019 dan akan ditest pada awal Maret 2019 dengan pembalapnya Richrad Taroreh dan Robby Sakera.

Kalau Proliner sih jangan ditanya soal teknologi perancangannya. Ini knalpot yang sudah menggunakan sebagian besar pengerjaannya robotik. Belum lagi bahan dan para insinyur yang meramunya. Mantaplah. Raider

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353