nhk

ARRC 2020: Robert Chong Ahli Elektronik Indonesia Tangani Yamaha Racing Indonesia

Robert Chong. Tangannya tak lepas dari lap top

ManiakMotor – Eh sebelum ada 4T yang mekaniknya pegang-pegang lap-top, sejak mesin era 2T orang ini sudah pakai komputer. Tentu saja untuk menyetel pemetaan pengapian 2T saat itu yang masih sebatas CDI. Kalau sebut saat itu, berarti sudah lama. Karena dia adalah generasi awal yang melek komputer untuk menyeting motor di Indonesia.

Ayo kita panggilkan orangnya, Robert Chong. Aplus dulu dong…! Si Robert yang sempat vakum dari balap cukup lama ini, empat tahun lalu kembali ke gelanggangan aktif pegang lap top. Dia  terpanggil untuk era ECU atau injeksi, “Saya tetap di ARRC 2020. Tapi kembali Yamaha Racing Indonesia (YRI) untuk menangani elektronik,” papar Robert yang markasnya di Duren Sawit, Jakarta Timur tersebut.

Tahun lalu, Robert menangani CBR250RR yang dikebut Rafid Topan di ARRC AP250. Dia bersama tim Bike Corner yang dulu TJM. Kalau Robert pindah atau tepatnya kembali ke YRI, artinya tim lama si Robert belum pasti juga di ARRC. Di YRI juga sudah diiyakan oleh orang dalam, bahwa Robert bagian dari YRI tahun 2020 di ARRC. Artinya dia harus memeta motor-motor yang butuh dipetakan elektroniknya pada kelas-kelas yang diikuti YRI.

Soal ketepatan mapping jangan diragukan keahlian si Robert. Dia ngerti mesin alias tunner juga. Jadi tinggal menyelaraskan maunya mesin dan pembalap. Maklum meyetel ECU sama juga dengan setel karbu dan pengapian. Bedanya sudah pakai lap-top yang jadi kesatuan dengan ECUt. Sudah maju Indonesia. Hidup Indonesia, eh Robert. Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353