nhk

ARRC CINA Race2 ADC, Muis Gak Finish

 

 

ManiakMotor – Race-2 Asia Dream Cup (ADC) dalam rangka seri ke-3 PETRONAS Asia Road Racing Championhip di sirkuit Zhuhai, Cina, 5 Agustus 2012, direbut Hiroki Ono.  Tapi, apa pun hasilnya, faktanya Indonesia punya kemampuan skill setara Jepang, Australia dan Thailand, atas saksesnya Muis di race-1 dan race-2 Muis gagal.

Terutama pemain Australia dan Jepang, pembalap mereka di usia 20 tahun telah mencicip balap prototipe. Hiroki Ono penunggang  Jepang 21 tahun yang race-1 jatuh,  telah tiga kali juara All Japan Championship (AJC) di GP125. Sebelum ke ADC, Ono pemain resmi GP125 Eropa membela tim kuat Italia, dia peringkat lima di sana. Tiga kali ikut GP125 pada 2011 pernah masuk ke-8 di Qatar.

Trus si Hikari Okubo sampai saat ini pemegang juara AJC GP3 Class atau motor yang sama dengan Moto3 dunia. Belum lagi Joshua Hook yang tahun lalu peringkat 5 Redbull Academy yang lombanya diputar bersama MotoGP. Tapi, di race-1 ADC, mereka disapu  dengan sapu lidi Iswandi Muis yang diutus Astra Honda Motor.

Dibandingkan dengan jam terbang pembalap Indonesia di ADC, paling tinggi juara bebek ARRC seperti Denny Triyugo. Apalagi Iswandi Muis yang baru sesekali sodok di IndoPrix. Kalau di region lima atau Sulawesi, dia sih jago di trek dadakan ala daerah. Tau sendiri daerah, di pinggir treknya tiang listrik dan trotoar. Pagar betisnya manusia.

“Penilaian di ADC kan pernah saya bilang, tidak melulu peringkat 3 di akhir klasemen. Tapi progress pembalap seperti Muis dan Denny, juga harus dihitung. Setiap seri mereka meningkat. Sayang, Muis gagal di race-2,” cerita Anggono Iriawan dari divisi motorsport AHM dari Zhuhai, Cina. Iya, bos, lebih bagusnya berada di peringkat tiga di akhir klasemen, agar tidak bisa dibantah.  

ADC di ARRC semacam Redbull Academy di MotoGP. Di ADC ada pelatih yang saban lomba mentutor peserta ADC dari segi teknik dan disiplin. Jangan main-main, pelatihnya Makato Tamada, pembalap Jepang yang pernah dihitung di MotoGP dan superbike.

Semua itu gratis, tapi harus dibayar dengan kerja keras lewat prestasi. Miolo  

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi ARRC Cina, 2-5 Agustus 2012
ARRC CINA Race-1 ADC, Muis Membuktikan Pada Jepang
ARRC Cina, Underbone Race-1, Strategi Hadi
ARRC CINA Race-1 SS 600 Cc, Fadli Ke-4
ARRC Cina Latihan 1 Underbone, Malaysia..!
ARRC Cina, Denny Triyugo Incar Moto3
ARRC CINA, QTT Supersports Fadli Ke-2
ARRC Malaysia, Jepang Jago ADC
ARRC Sentul QTT Supersports 600 cc, Mereka Yang Punya Guru


BAGIKAN