nhk

ARRC India 2016 AP250 Race-2: Galang Hendra Podium Setelah ‘Berantam’

Galang Hendra R25 ARRC India 2016
Galang Hendra di ARRC India

 

ManiakMotor – Gugurnya dua Kawasaki Ninja milik Trickstar Racing dari Jepang, race 2 AP250 di sirkuit Buddh, India, pada Minggu 2 Oktober tetap ketat. Bahkan masuknya Galang Hendra (Yamaha Racing Indonesia) di grup depan makin bikin tegang. Galang benar-benar harus bertempur dengan pemain Thailand.

Kemarin atau Sabtu di race-1 sebenarnya Yamaha R25 Galang punya power mumpuni. Yang kelihatan sih, Galang hanya kehilangan ritme kecepatan dari dirinya di lap-lap akhir. Di race-2 Galang bisa memperbaiki ritmenya di akhir-akhir lap. Pokoknya penampilannya beda dengan race-1 Itu membuat Galang ketiga di race-2 setelah ‘berantam’ ala AP250 di lintasan.

Dengan regulasi yang ketat dan kekuatan motor rata di lap akhir dan terutama tikungan-tikungan terakhir, hanya kekuatan mental yang dibutuhkan. Kalau bisa dibilang, butuh nyali. Karena saat itu, bukan bicara teknik melaju sendirian yang jalurnya bisa diatur sendiri. Tapi sudah ilmu ketangkasan dari diri sendiri melawan musuh yang sama-sama ingin cepat dengan racing line yang teracak-acak.

Dalam hal ini Galang sudah menghimpun nyalinya di race-2 di India. Untuk melawan pembalap Thailand, terutama Apiwat Wongthananon (Yamaha Racing Thailand), Galang masih kalah ‘gila’. Maklum beda umur dan jam terbang. Ya harus lebih ‘gila’ lagi ke depan. Tentu saja gila bukan sembarangan, namun terukur. Jangan gemetar dan gentar soal teknik membalap. “Syukur saya bisa ketiga dengan segala usaha,” kata Galang sebelum ke podium. MM

BACA JUGA

Hasil ARRC India 30 September – 2 Oktober 2016