nhk

ARRC India 2016 Race 2 UB130: Indonesia Kedua, Pembalap UMA Racing Pertama

ARRC Underbone 130 2016 India

 

ManiakMotor – Indonesia harusnya juara, karena tahun ini terakhir underbone 130 dilombakan di ARRC. Tahun depan sudah 150 cc.  Kan biasa kalau memainkan bebek di Asia Road Racing Championship (ARRC), Indonesia selalu punya peluang. Sama juga dengan tahun ini yang ronde 5 berlangsung di sirkuut Buddh, India yang usai race 1 kemarin posisi Indonesia lewat Wahyu Aji (BKMS Indonesia) masih tertinggal 10 angka di klasemen.

Kemarin race 1 di India, hanya dua-duanya  joki Indonesia di UB130 rada sial. Wahyu hanya ke-11 akibat senggolan saat lomba. Lalu Florianus Roy jatuh di tikungan terakhir. Race 2 yang berlangsung Minggu 2 Oktober, kembali gagal memanfaatkan peluang besar.

Wahyu seharusnya bisa juara, bila tak ambil jurus trek dadakan di tikungan terakhir di lap terakhir. Maksudnya saat memimpin langsung menusuk ke dalam tikungan terakhir seperti laganya di trek dadakan. Akibatnya, saat keluar tikungan menuju finish benar-benar ‘keluar’ sampai racing line terluar dengan kontrol putaran mesin yang drop. Dropnya karena di depan tikungan motor sudah digiring lebih dulu ke dalam tikungan, memaksa putaran mesin juga turun drastis. Ya teknik begitu boleh dipakai bila di trek dadakan yang sempit, sehingga lawan sulit menyusul. Di sirkuit besar macam Buddh, ya percuma.

Itu dimanfaatkan pembalap Malaysia Ahmad Fazli Sham (UMA Racing Yamaha Maju Jaya Motor) yang persis di belakang Wahyu. Fazli mengambil tikungan dengan diawali out-in-out yang pas untuk sirkuit besar. Tenaga motornya tetap teratur dan bisa melewati Wahyu usai menikung. “Memang Fazli bisa memanfaatkan teknik saya yang terlalu dalam di tikungan terakhir. Tapi posisi kedua tetap saya syukuri kok, karena saya bisa memimpin klasemen,” kata Wahyu Adji.

Tapi memimpin klasemen ini patut diwaspadai, karena selisihnya dengan Fazli hanya tiga angka. Fazli race 1 dan 2 juara bisa menggantikan rekan senegaranya yang usai race-1 kemarin sempat memimpin klasemen. Perlu diwaspadai juga perkembangan Jupiter Z milik UMA Racing itu juga terus meningkat. MM

BACA JUGA

Hasil ARRC India 30 September – 2 Oktober 2016

 

Klasemen

BAGIKAN