nhk

ARRC India 2016: Sempat Memimpin, Galang Hendra Finish ke-5 & YRI Klasemen Tim ke-5

ARRC, INDIA, SENTUL,GALANG, IAMNUEL

ManiakMotor – Galang Hendra Pratama belum berhasil naik podium pada race 1 kelas AP 250 di seri 5 ARRC 2016 yang berlangsung di sirkuit internasional Buddh, India, kemarin (1/10).  Pebalap binaan Yamaha Indmesia berusia 17 tahun asal Sleman, Jogyakarta finish diurutan kelima. Padahal, jebolan VR46 Riders Academy ini sempat memimpin dan lomba akhirnya dimenangkan oleh Apiwat Wongthanon (Yamaha Racing Thailand) yang juga rekan Galang di VR46 Maaster Camp2 (Italia).

Start dari grid ketiga, andalan tim Yamaha Racing Indonesia itu sempat memimpin lomba. Sayang, posisi terdepan itu lepas dari tangannya lantaran ban belakang Yamaha YZF-R25 yang dibesutnya slide membuat ia mundur ketujuh. Dalam usahanya, Galang akhirnya menduduki urutan kelima.

 

ARRC<galang, india, sentul
Galang coba perbaiki di race 2

“Saya sudah sempat di posisi depan, namun kemudian memaksakan masuk saat memotong Apiwat hingga ban belakang saya slide di tikungan R1 dan turun di posisi ke-7. Berkat setting suspensi yang baik, saya dapat terus konsisten di grup depan dan braking-point lebih baik. Saya akan terus berusaha konsisten dan tidak membuat kesalahan untuk race 2 nanti, “terang Galang Hendra  yang saat ini ada di posisi ke-6 klasemen sementara.

Rekan Galang Hendra di YRI, Rey Ratukore yang start dari urutan ke-13 terjatuh di lap ke-3 dan tidak dapat menyelesaikan race perdana. “Saya start dari barisan keempat dan sudah hampir masuk di grup terdepan saat akan memasuki lap ke-3. Namun saya terjatuh dan tidak dapat meneruskan balapan,” bilang Ratukore.

Rey mengaku bagian depan dan belakang motornya ada getaran. Meski dapat mengontrol, tetapi suspensi masih butuh penyempurnaan sedikit lagi. “Masih ada beberapa pilihan engine-setting yang akan kita coba saat warm-up jelang race 2. Saya yakin dapat berada di grup depan saat race 2 nanti, “tukas Rey Ratukore.

“Target kami untuk memperbaiki standing-point tercapai. Kami melakukan perubahan besar

ARRC, India, Sentul, YRI, Imanuel
Imanuel sempat keempat

setelah seri ke-4 kemarin. Galang menunjukkan perfomanya di race awal hingga sempat berada di urutan pertama dan pada akhirnya finish ke-5. Sedangkan Rey yang terjatuh, kondisinya sudah oke sekarang. Butuh penyempurnaan untuk engine-mappingnya dan mencari  solusi atas problem chattering yang dialaminya, “ucap Wahyu Rusmayadi selaku Manager tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Pebalap tim satelit Yamaha Traxx-D TJM Bien Racing, Imanuel Putra Pratna dapat memperbaiki posisinya. Start dari grid ke-11 ia finish ke-9. “Di pertengahan lap, saya sudah berada di urutan ke-4, kemudian saya push di 4 lap akhir namun ban kerap mengalami slide. Pada dua lap akhir di tikungan pertama, saya berusaha konsisten di racing line tetapi ada lawan yang memaksakan masuk lebih dari dalam. Alhasil, saya harus keluar dari racing line. Saya bermain safety hingga finish daripada memaksa dan terjatuh dan tidak mendapatkan poin, “tutur Imanuel Pratna yang juga terlibat dalam VR46 Master Camp 2. Semoga mereka mendapatkan hasil yang lebih baik di race 2 nanti. Rilis Yamaha

www.yamaharacingindonesia.co.id

BAGIKAN