nhk

ARRC Jepang, Disiram Oktan Tinggi, Rekor Autopolis Tumbang

ManiakMotor – Catatan sirkuit Autopolis, Jepang rontok jauh di underbone dan supersports Asia Road Racing Championship (ARRC). Baru latihan pertama saja, waktu tahun lalu dipertajam dalam dua kelas favorit  ARRC tersebut yang berlangsung 6 – 9 September 2012.

Penyebabnya, perbandingan kompresi di sana bisa lebih tinggi. 

Lebih menarik diceritakan yang ada hubungan dengan pembalap Indonesia di depan. Bicara supersports 600 cc di seri kali ini para pelaga Indonesia terlempar dari 10 besar dalam QTT. Apa yang terjadi dengan M. Fadli, Doni Tata, Sudarmono dan Dimas Eki Pratama di supersports? Jawabannya nanti saja… 

Sebaiknya bicara bebek. Ini pun QTT-nya nyaris direbut pembalap Malaysia atas nama    Amirul Ariff Musa dari Pachie Yuzy Honda Racing yang mencetak 1:30.374. Catatan itu lebih cepat 0,062 detik dari Hadi Wijaya yang menunggang Jupiter Z milik Yamaha Yamalube Tunggal Jaya yang tercepat di QTT dengan 1:30,436. Tapi, Amirul dan rekan setimnya didiskualifikasi lantaran berhenti di tengah jalur balap saat QTT masih berjalan. Rekor tahun lalu 1:31,583 atas nama Hadi dengan Kawasaki. 

Lacak punya lacak dan informasi dari panitia ARRC kelembaban suhu Autopolis memungkinkan kompresi didongkrak lebih tinggi. Memang tidak disebut rasio kompresinya. “Itu benar, kompresi naik dari biasanya. Selain kelembaban, juga oktan bahan bakar,” kabar Hadi Wijaya lewat bbm yang mengaku akan mengembalikan setingannya sesuai kualifikasi kedua karena dianggap lebih nyaman. Lho…?

Baru-baru ini di Jepang memang mengeluarkan bahan bakar terbaru dengan RON99. Bahan bakar itu dipakai umum atau dijual bebas. Itu sama dengan peraturan ARRC soal bahan bakar yang dijual secara masal pada oktan tertinggi. Di Cina, Malaysia dan Indonesia, biasanya oktan tertinggi hanya 95 atau sama dengan Pertamax PLUS. Itu yang membuat kompresi lebih naik dan catatan waktu jadi cepat. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil Semua Sesi ARRC Jepang, 6 – 9 September 2012

ARRC Jepang, QTT Underbone Didapat Hadi Wijaya

ARRC Jepang Latihan Ke-2, Hadi Wijaya Pecahkan Rekor Autopolis

ARRC Jepang, Ganjalan Underbone Indonesia

Jagoan Balap Motor PON Masih Ikut ARRC Di Jepang

BAGIKAN