nhk

ARRC Sentul 2016 (Seri 4): Imanuel Pratna Melejit Dengan ECU aRcer RC2 Super!

 

ManiakMotor – Duo Pembalap Indonesia Galang Hendra (Yamaha Racing Indonesia) dan Imanuel Putra Pratna (Yamaha Traxx-D TJM Bien Racing) yang telah mendapat godokan dari Valentino Rossi, memberi sinyal akan menuai poin penuh dalam kelas AP250 di ajang ARRC seri-4 dii sirkuit Sentul, Bogor, 5-7/8. Galang mampu mematahkan waktu pembalap Jepang, Yamamoto. Sedangn El – sapaan akrab Imanuel – tampil konsisten.

Bahkan ketika di FP 2, Imanuel yang mengukir waktu terbaik 1:45,923 detik berhasil mempertajam waktunya sendiri di FP1 yang 1:46.320 detik dan berada di urutan ke-7. Kualifikasi ia juga ke-7 dengan 1:45.699. Peningkatan ini berkat  progress signifikan YZF R25 yang diutak-atik Hawadis semberi memasang ECU aRacer generasi terakhir yang tipenya RC2 Super.

ECU tersebut langsung dimapping oleh Mr. Leon, ahli elektronik dari aRacer. Lengkap sekali data-datanya yang ia olah. “Termasuk alat kpntrol traksi yang ada pada ECU-nya yang kerjanya menggunakan data GPS,” sebut Freddy Gautama dari Ultra Speed yang punya aRacer di Indonesia. 

Dengan kondisi spek mesin relatif standart, menurut Hawadis, mapping jadi salah satu kuncian.  ”Mapping dan kompresi. Mapping hasil pengembangan dari seri Suzuka lalu dengan ECU aRacer RC2 Super,”sebut mekanik asal Madura itu seraya menyebut power motor juga naik signifikan. Infonya, hasil tes dyno terbaru tembus diangka 38.3 dk (dyno race tech). “Ini dyno yang biasa dipakai untuk mobil, jadi kalo dihitung dengan dyno macam milik Rextor  bisa tembus diangka 40 dk-an. Mantap!

ECU aRacer RC2 Super ini memang makin booming seiring pertama kali digunakan  Yamaha Thailand di AP250. Juga kejutan  dari Imanuel. Feature lengkap mendukung performa motor yang optimal. Data logging-nya memberikan informasi yang detail untuk set-up,” ujar Ivan Prasetyo, salah satu dari tiga teknisi aRacer pada tim milik Rudyanto itu.

So, setiap perubahan data pada sirkuit macam kelembaban dan temperatur bakal jadi acuan mekanik.  Kita tunggu hasil kualifikasi dan race 1 hari ini (6/8). Ardel  

 

BACA JUGA 

Hasil ARRC Seri 4 Sentul, Indonesia 5 – 7 Agustus 2016

ARRC 2016 Sentul (Seri 4): AP250 Yamaha R25 Galang Melejit, Kencang Di Hari Pertama 

ARRC 2016 Sentul (Seri 4): Hendriansyah Bergabung Dengan Yamaha Finson Di AP250 

ARRC 2016 Sentul (Seri 4) : 4 Wild-Card Pilihan Yamaha Disuplai Mesin YZF-R25 

ARRC 2016 Sentul (Seri 4): Sentul Milik Kita, Ayoo… Kita Juara, Indonesia! 

 

BAGIKAN