nhk

ARRC Sentul QTT Underbone, Malaysia Bikin Catatan Baru Di Sentul..?

 

 


ManiakMotor – Hasil QTT underbone 115 cc sungguh mengagetkan dan pukulan buat bebek Indonesia. Md Amirul Ariff Musa saat kualifikasi PETRONAS Asia Road Racing Championship (ARRC) di sirkuit Sentul, Indonesia, 16 Juni ini, mencetak 1 menit 55,994 detik. Pembalap Pachie Yuzy Honda Racing (PYHR) ini, sama saja bikin sejarah bebek 4-tak dengan  catatan itu. Asal tahu, underbone 125 cc yang berbahan bakar bebas di IndoPrix, belum bisa menyamainya. ARRC diwajibkan pakai bahan bakar beroktan 95 atau setara Pertamax Plus.

Rata-rata basis mesin bebek di ARRC asalnya dari Indonesia, termasuk mesin Honda yang dikebut Amirul. Cuma, mereka pandai dalam penyediaan material dan teknologi. Misalnya  kem atau noken-as, dicetak lebih canggih dari metalurginya lebih terjamin. Speksifikasinya bisa saja sama seperti derajat kem tetap 275 seperti rata-rata yang dipakai Honda Blade. Namun, dikerjakan mesin yang lebih mutakhir, nilai kesalahannya kecil.

“Kami juga punya mesin untuk menyetel sasis. Juga punya alat cetak komponen yang semua sparepart mesin bisa dibikin,” kata Sharul Yuzy, bosnya Amirul. Yuzy adalah bos PYHR dan manusia pertama Asean yang bisa membalap penuh di GP250 dunia.  

Itu sudah berlaku sejak era sirkuit Ancol alias pertengah 80-an. Mereka beli motor dari Indonesia, lantas dikembangkan dan kembali mengasapi Indonesia awal 90-an dengan underbone 2-tak. Dan web ini sudah mengigatkan bahaya laten itu. Wah, gak sampe getu deh. Pokoknya jangan sampai pindah tangan teknologi balap bebek yang dipelopori Indonesia. Iya, kan.

Sekali lagi maaf, ada kesalahan teknis di website ini soal tulisan ARRC yang terdahulu lenyap. Di hack, itu kata IT. Tapi web ini percaya itu hanya kesalahan teknologi saja. Makanya berita yang terkait dengan ARRC beberapa hilang berserta gambarnya. Adit

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi ARRC Sentul, 15-17 Juni 2012
Catatan ARRC Sentul. Mekanik Jadi ‘Buta’ Tanpa Input Pembalap
ARRC Sentul, Suspensi Yang Mendorong Sudarmono
ARRC Sentul QTT Asia Dream Cup, Denny Mengejar Mimpi
ARRC Sentul QTT Supersports 600 cc, Mereka Yang Punya Guru
ARRC Sentul, Gengsinya Di Supersports 600 cc
ARRC Sentul, Hanya Topan Yang Bisa Atasi ADC
ARRC Dan Kilas Baliknya Di Sentul
ARRC Sentul, Bebek Malaysia Gentar Pada Wildcard

 

 

BAGIKAN