nhk

ARRC Sentul, Suspensi Yang Mendorong Sudarmono

 



ManiakMotor – Di dunia suspensi disebut re-valve yang sebenarnya menyetel ulang sokbreker. Sirkulasi oli diatur lewat katup (valve) sesuai kebutuhan sirkuit dan bobot pengendaranya. Sokbreker asli pabrik walau telah berlabel racing, perlu revalve. “Punya pabrik masih universal. Sangat banyak spesifikasinya yang harus diubah sesuai cara bawa pembalap, model tikungan dan mulus tidaknya trek,” jelas Jun Funanashi, wong Jepang yang menyeting suspensi Yamaha R6 Sudarmono.

Berkat itu, Sudarmono melampui target total poin dan catatan waktunya di seri 2 Asia Road Racing Championship, Sirkuit Sentul, 17 Juni, kemarin. Pembalap Yamaha Yamalube ASH (YYA) itu, dapat poin sama dengan Dimas Ekky Pratama (Yamaha IndoProm) di lima besar. “Di Sentul travelnya lebih panjang 11 mm dari Sepang,” tambah Jun yang mengendap ke paddock  YYA dua tahun lalu di sirkuit Zhuhai, Cina. Di sana, Jun menawarkan jasa Gense Suspension Service (GSS). GSS juga distributor dan ahli revalve Ohlins di Jepang.

Di Sepang jarak main sokbreker lebih sedikit, lantaran sirkuitnya mulus. Lintasan Sentul di sana-sini tambalan aspal yang bergelombang. Maka, butuh travel yang panjang. Travel dihitung saat kompresi memanjang, “Sangat nyaman. Jauh sebelum ada Mr. Jun,” papar Sudarmono.

Jun yang tidak pakai Jin ini, membawa ratusan katup pengatur sirkulasi oli. Sekadar bayangan, katup  Ohlins seperti lembaran pelat yang diameternya dan ketebalannya bertingkat. Tebal-tipis dan diameter itu penentu presisi sirkulasi oli yang menahan as sokbreker memanjang (rebound) dan memendek (bound).

Jadi tidak asal bongkar dengan tang dan memasangnya pakai palu. Termasuk kalibrasi lewat komputer. Misal punya vakum penutup pentil berikut tabung nitrogen sebagai angin suspensi. Juga membawa berbagai ukuran kekentalan oli. “Nomor oli, psi, tegangan pegas, dan jarak main sokbreker semua berkaitan satu sama lain!” seru Eeddy Saputra, bos YYA.  

Jun tidak akan berhenti sampai di Supersports 600 cc. Pada seri berikutnya IndondoPrix, dia akan coba setel suspensi yang dipakai Sudarmono. Katanya, itu hanya coba-coba atau membedakan dengan suspensi standar yang dipakai balap bebek Indonesia. Harga jasanya dengan kurs uang Indonesia, sebenarnya sama saja. Karena Ohlins juga punya distributor di Indonesia. Adit 



BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi ARRC Sentul, 15-17 Juni 2012
Catatan ARRC Sentul. Mekanik Jadi ‘Buta’ Tanpa Input Pembalap
ARRC Sentul 600 cc, Berebut Gelar Tanpa Tanding
ARRC Sentul Race-2 Bebek, Hiiiiiidup Hadi..!
ARRC Sentul Race-2 ADC, Denny Ke-2
ARRC Sentul Race-1 Underbone, Indonesia 1-3
ARRC Sentul Race-1 SuperSports, Kiyonari Asli MotoGP, Indonesia Ke-6
ARRC Sentul Race-1 Asia Dream Cup, Muis Ke-3
ARRC Sentul QTT Asia Dream Cup, Denny Mengejar Mimpi
ARRC Sentul QTT Supersports 600 cc, Mereka Yang Punya Guru
ARRC Sentul QTT Underbone, Malaysia Bikin Catatan Baru Di Sentul..?
 

 

BAGIKAN