nhk

Arti Angka dan Huruf Pada Ban Motor, Perhatikan Usia Produksinya!

Ban, motor, kode, FDR, lokal

ManiakMotor – FDR salah ban sepeda motor yang banyak diminati di pasar Indonesia, memberikan edukasi kepada para pengggunanya. Di sekeliling ban itu terdapat tulisan dan angka yang semuanya punya arti dan jarang dimengerti oleh konsumen. Seperti di bawah ini.

Tire Wear Indicator

Disetiap ban dilengkapi dengan indikator maksimal pemakaian ban. Namanya Tire Wear Indicator. Bentuknya berupa benjolan di antara celah kembangan ban. Jika benjolan itu sudah menyentuh aspal, tanda kembangan sudah tipis dan ban harus diganti.

ban, kode, FDR, lokal,
Benjolan di antaran alur kembangan ban sebagai tanda

Tanggal Produksi

Kembang ban masih bagus, tapi siapa tahu produksinya tidak baru. Nah, cara mengetahuinya, pada dinding ban tertera minimal 4 angka. Seperti pada ban produksi dalam negeri Federal, misalnya. Pada dinding (kanan) tertulis 0616. Itu menandakan ban diproduksi bulan keenam tahun 2016. Perlu diketahui, makin lama ban mendekam di toko, kompon akan mengeras. Dampaknya,  daya cengkeram tidak maksimal.

Kode SNI

Agar aman dari tilangan polisi yang sampai lihatin ban, sebaiknya pilih ban ber lisensi SNi seperti ban FDR. Logo SNI bentuknya emboss dan bukan disablon.

 Beban Maksimal/kecepatan

Pada ban juga tertulis beban maksimal diangkut motor berupa kode. Contohnya ban Federal.  Setelah kode ukuran ban belakang, semisal 90/90- 14 M/C tertera 49P (atau 46P dan setereusnya). Nah, kode terakhir ini (49P) bahwa ban itu diperbolehkan menerima beban maksimal 185 kg (pengendara, penumpang dan barang).  Jika 46P berarti di bawah itu. Untuk roda depan, karena ukuran lebih kecil dibarengi dengan kode beban lebih kecil juga, semisal 40P.

Ban, FDR, Kode, Lokal, Angka
Angka-angka yang mengandung arti

 Tanda Arah Pemasangan Ban

Di dinding ban terdapat tanda “panah” dibarengi tulisan “rotation”. Itu menandakan arah putaran ban. FDR juga terdapat tanda panah untuk posisi arah ban ketika dipasang, baik depan maupun belakang.

Pada ban tertentu terdapat  tanda titik atau berbentuk pewarna. Fungsinya, posisikan pentil agar roda tetap balans.

Tubeless
Artinya ban ini termasuk ban tubless. Namun dalam pemakaiannya boleh juga menggunakan ban dalam. Itu bagi yang masih menggunakan pelek jari-jari.
ban FDR meskipun tubeless tapi memiliki bobot yang lebih ringan. Sehingga beban mesin lebih ringan. Tidak bikin boros bahan bakar.  MM

 

BAGIKAN