nhk

Asia Talent Cup; 22 Unit Honda NSF250R Sudah Siap, Termasuk Pembalap Indonesia

ManiakMotor – Tim teknis Asia Talent Cup (ATC) telah menyelesaikan 22 unit sepeda motor Honda NSF250R. Motor ini akan dipakai resmi pada test pertama di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 17-20 Februari 2014. Ada tiga pembalap Indonesia yang ikut menyesuaikan ergonomiknya pada testing tersebut.

ATC adalah serial baru untuk pembibitan  dan menjadi supporting  race MotoGP 2014 terutama yang berlangsung di Asia. Ke-22 pembalap yang berhak ikut telah terseleksi tahun lalu bersamaan dengan seri MotoGP di Sepang, Malaysia. Mereka bakat-bakat Asia dan termasuk Indonesia yang akan dibimbing Alberto Puig,  pelatih balap motor dari Spanyol yang telah banyak memoles bakat dunia.

Ke-22 unit NSF250R telah diterima panitia ATC di akhir tahun lalu dari HRC. “Saat ini kami  sedang merakit komponennya. Ini harus teliti sebelum tes pertama di Aragon.  Setelah itu hanya sedikit waktu memperbaiki dan merevisi motor, karena seri pertama sudah 23 Maret  di Qatar,” jelas Puig di situs resmi MotoGP.

Secara teknis, motor memang harus siap alias tak ada yang salah pasang. Namanya manusia, siapa tahu ada baut yang lupa dikencangkan, gitu loh. Ini motor akan digunakan pertama dalam emapat hari pengenalan dari 22 kontestan di Motorland. Banyak dari mereka baru pertama memakai motor prototipe.

Ya, terutama dari Indonesia yang kebanyakan dari bebek. “Mereka perlu memahami dan menyesuaikan karakternya dan sebagainya,” tambah Puig. “Mesin sudah oke dan sama semua. Pembalap tinggal menyetel sasis dan suspensi sesuai  gaya mereka. Kedua bagian ini hanya pembalap yang bisa merasakan,” dukung Alex Batlle yang jadi ketua teknisi di ATC.

Tinggal menunggu aksi tiga pembalap Indonesia, yakni Wilman Hammar (16 thn),  Andi Muhammad Fadly (13 thn) dan  Basyiruddin Samhan Mashuri ( 15 thn). Peserta ATC dibatasi 21 tahun. Seri ATC akan singgah di Qatar, Jepang, Cina, Malaysia, India dan Indonesia. Sekadar tahu saja, ATC seperti CEV Repsol untuk kawasan Asia yang dikelola Dorna Sport atau seperti Red Bull Academy. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang; Livery Baru Go & Fun Gresini, Besutannya Redding Dan Bautista

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang; Disemangati Lorenzo, Dijawab Rossi Latihan Keras Dirt Track

MotoGP 2014: Lorenzo Yakin Valentino Rossi Bangkit Musim Ini

 

 

BAGIKAN