nhk

Asia Talent Cup: Ada 7 Pembalap Indonesia 2016, Event Ini Buat Bakat Dari Mana Sih?

ManiakMotor – Pertama kali Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC) digelar, promosinya siapa pun talentanya boleh ikutan. Nggak pilih merek. Kebetulan saja motor yang digunakan adalah Honda NSF250R. Sifat Honda sendiri memang ada kerjasama, tapi bukan yang dominan karena hanya penyokong motor di situ. Eventnya ini tentu mlik Dorna Sport dan dana yang paling besar dari oli Shell. Lha wong judulnya saja merek oli tersebut.

Diperkuat Bambang Gunardi yang di awal-awal SAATC masuk jajaran pengurusnya. “Silakan bakat-bakat dari merek lain masuk. Sifat SAATC sama dengan Moto2 yang menggunakan motor seragam. Sebenarnya event ini diperuntukan buat mereka di Asia. Yang teseleksi dibiayai,” kata Bambang ketika itu yang saat ini kesehatannya terganggu maka sudah tak ikutan mengurus event yang jadi pendukung bila ada WSBK dan MotoGP di Asia.  

Tapi dua tahun diputar 2014 dan 2015 khususnya dari Indonesia, hanya pembalap yang didukung Honda  Indonesia yang seolah yang berhak ke situ. Pembalap-pembalap yang ikut terseleksi kebetulan disponsori merek lain saat serial berlangsung hilang ditelan pasrah, bisa karena nggak diinzinkan merek lain bisa juha karena dana. Sama juga nasib mereka yang terseleksi yang sebanarnya tidak didukung merek mana pun alias perorangan, ndak nongol juga.

Fakta dari hasil daftar pesrta  yang ikut di SAATC 2014 dan  2015 joki dari Indonesia yang benar-benar di event lokal pula dikontrak AHM. Generasi pertama Wilman Hammer saat itu diudkung AHM. Padahal pada 2014 itu ada empat pembalap Indonesia terseleksi, tapi hanya Hammer yang aktif karena ada ikatan kontrak dengan AHM.

Sama juga dengan 2015, ada empat pembalap Indonesia yang terjaring tapi hanya Gerry Salim dan Andi Izdihar yang meneruskan serinya. Kedua joki ini memang deprogram AHM dan di akhir klasemen hanya posisi ke-6 oleh Gerry dan Andi ke-9 untuk melawan perwakilan dari Jepang, Malaysia, Thailand, Cina dan sesekali Australia.  

Tahun depan atau 2016 ini ada lima pembalap teseleksi (lagi) dan nama-nama mereka ada di bawah. Total ada 7 pembalap Indonesia ditambah Gerry dan Andi yang masih terdaftar untuk tahun depan. Semoga ke-5 yang terseleksi benar-benar muncul saat serialnya berlangsung. Menjadi percuma, bila ke-limanya hanya datang dari perorangan atau mereka dari merek lain. Ya hilang lagi, karena tak ada sokongan sejak awal. Sebab dari jumlah 7 itu, Indonesia yang terbanyak, itu sementara loh. Ito   

BACA JUGA

MotoGP Indonesia 2017: Sabar..! Baru Hampir Pasti..!

MotoGP Jelang 2016: Balik ke MotoGP, Masih Adakah Skill Stoner Untuk Ducati?

MotoGP Jelang 2016: Lorenzo Masih Cidera, Gagal Main di RoC London

MotoGP Indonesia 2017: Kirim Propasal ke Dorna, Pemerintah RI Serius Jadi Tuan Rumah

MotoGP Jelang 2016: Sayap (Winglests) Kembali Fokus Gigi Di Ducati GP16

 

Daftar Peserta SAT 2016:

Kazuki Masaki (Japan)

Ai Ogura (Japan)

Ryusei Yamanaka (Japan)

Shengjunjie Zhou (China)

Gerry Salim (Indonesia)

Andi Izdihar (Indonesia)

Somkiat Chantra (Thailand)

Azroy Anuar (Malaysia)

New riders:

Shogo Kawasaki (Japan)

Yuki Kunii (Japan)

Riku Sugawara (Japan)

Alif Utama (Indonesia)

Irfan Ardiansyah (Indonesia)

Faldhan Mardani (Indonesia)

Basyiruddin Mashuri (Indonesia)

Dwiki Suparta (Indonesia)

Hakim Rizal (Malaysia)

Khairul Ajis (Malaysia)

Izam Ikmal (Malaysia)

Tom Edwards (Australia)

Ahamed Yanseen (India)

 

BAGIKAN