nhk

Asia Talent Cup Sentul 2014; Wilman (Willy) Dari Indonesia Kenal Sirkuit

ManiakMotor – Konteiner yang isinya motor dan semua peratalatan pendukung Asia Talent Cup (ATC) 2014 sudah berada di Sentul International (SIC). SIC menjadi  tempat seri ke-2 ATC setelah seri pertamanya di sirkuit Losail, Qatar yang bersamaan dengan seri perdana MotoGP 2014.  Maluklam, ATC dipromotori Dorna Sport untuk jenjang pembibitan motor prototipe di Asia.

ATC sudah mulai berlangsung besok 9 Mei dengan sesi free practice di SIC. Tentu saja, raceday-nya Minggu  11 Mei. Dan pembalap Indonesia tadinya ada tiga yang lolos, namun saat lomba di Qatar awal April lalu hanya Wlly Hammer yang ikut. Wlly yang didaftar Dorna bernama asli Wilman Hammar.

“Harusnya saya lebih siap dari yang lain karena serinya ada di sirkuit yang saya kenal, dibanding seri pertama di Losail,” jelas Wilman saat ditemui di SIC pada Kamis 8 Mei 2014. Wilman masih berumur 17 tahun dan lahir di Pare-Pare, Sulsel.

Wilman di seri pertama hanya ke-10 dari 23 pembalap yang terpilih oleh seleksi Dorna. Lawannya muncul dari Jepang, Thailand, Cina  dan Malaysia. Motor yang digunakan semuanya sama, yaitu Honda NSF250R yang spesifikasinya sebanding setara Moto3. “Kalau spesifikasi mesin sama, namun di prototipe masih ada 30 persen yang dimaksimalkan. Tapi diaturan ATC, harus sesuai pabrik,”jelas Wilman yang mengaku sangat jauh berbeda perlakukan membalapnya dengan mesin bebek yang sudah dikorek habis.

Lawan Willman memang bukan sembarangan, terutama dari Jepang. Skill anak-anak Jepang ini sudah jadi, lantaran bukan lahir dari bebek. Lagian di kejurnas Jepang ada motor seperti ini yang dipertandingkan. Jepang juga banyak sirkuit internasional yang terawat dengan baik, jadi itu modal mereka.

ATC dibimbing langsung Alberto Puig. Si Puig ini sebelumnya pemandu bakat dari Spanyol. Dia juga yang menemukan bakat Dani Pedrosa. Sampai diserahkan tuga menangani ATC, Puig masih jadi mentor Pedrosa. Tadi dia sudah kelihahatan di SIC yang sedang mengajak semua peserta mengeliling Sentul yang panjangnya 4 km itu dengan jalan kaki. Setiap sudut ia jelaskan cara ambil racing line, pengereman dan sebagainya. Ghalib

BACA JUGA

Jelang Seri 1 IRS Sentul 2014; Bersamaan Dengan Asia Talent Cup

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Marquez Bakal Lebih Dahsyat Dari Rossi

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Aleix Lupakan Podium, Sadar Kualitas Motor

MotoGP 2014 Jelang LeMans: Soft Tyre, Dongkrak Performa Lorenzo?

   

BAGIKAN