nhk

Astrea Grand 1991 Viral Laku Rp 80 Juta Bukan Original (Asli)

Ini Grand yang Rp 80 juta tersebut. Foto dari instagram pemilik

ManiakMotor – Astrea Grand 1991 yang heboh laku Rp 80 juta, lantaran original? Biasanya yang mahal itu memang bentuk seperti pertama kali dibeli pada 27 tahun lalu. Karena begitu hukum jual beli motor yang ori. Semakin asli, semakin mahal.

Dirostarasi oleh pemilik

Tapi ternyata, penampakan fotonya, velg yang digunakan sudah diganti jauh lebih lebar tapaknya dari asli. Aslinya – kalau tidak salah – kurang lebih 1.40 inci x 17 depan dan belakang. Ini yang digunakan yang lagi viral justru sekitar 2.15 inci ke atas yang lingkarannya tetap 17 inci.

“Memang ini sudah diperbarui (restorasi). Dibeli Rp 3.4 juta dalam keadaan ala kadar. Diperbiki membutuhkan Rp 31.5 juta,” sebut sang pemilik Zusbastian Rachman alias Tian yang tinggal di Bintaro, Tangsel, Banten seperti dikutip dari Kompas.Com.

Motor ini makin viral karena seolah baru dari dealer ketika itu, lantas tak digunakan. Joknya masih dibungkus plastik khas motor baru keluar dari toko. Pelat nomor juga putih. Tapi kalau diperhatikan angka tahunnya saja sudah keliru berakhir 2020. Mana ada begitu dan diakui Tian memang hanya untuk iseng termasuk bungkus joknya. Dia juga bilang yang beli warga Tigaraksa, Banten sebagai teman dekatnya.

Honda Grand ini memang saat itu terobosan AHM, padahal dua tahun sebelumnya mereka bikin Astrea Prima yang spek mesin hampir sama dengan Grand. Sebab, lawan Honda juga gencar bikin bebek yang bodinya futuristik. Maka ada Grand yang era itu dianggap modern yang tidak sekaku sebelumnya.

Seperti ini asli Astrea Grand

Mesin masih turunan C-70, tapi silinder diperbesar jadi 95 cc yang dalam ilmu motor bakar dibulatkan ke atas jadi 100 cc. Juga penambahan reduksi gigi jadi empat percepatan. Spesifikasi mesin seperti ini sudah ada pada adik Grand. Sedang era pengapian CDI bukan platina lagi sejak Astrea Star.

Suspensi depan juga teleskopik, bukan lagi lengan ayun. Itu semata, lawan bebek ini makin banyak yang lebih modern ketika itu pada kaki-kaki. Contoh Kawasaki Binter Joy, malah jauh sebelumnya sudah menggunakan teleskopik seperti itu. MM

BAGIKAN