nhk

Aturan Baru MotoGP Diberlakukan Di Aragon 2018, Nggak Ada Balapan Dibatalkan

ManiakMotor – Dibatalkannya balapan di Inggris memang mencoreng MotoGP itu sendiri. Selanjutnya, tidak ada lagi pembatalan seperti di Silverstone, walau terpaksa balapan diundur sampai pada hari berikutnya.

Kesepakatan diambil ketika FIM Grand Prix Comittee (GPC) bikin rapat di sirkuit Misano, San Marino di sela seri MotoGP di negara tersebut. Dikeluarkanlah adendum untuk memperkuat regulasi yang telah berjalan.

Tiga butir regulasinya, yaitu prosedur start saat wet race, penalti grid, serta penggantian mesin dan pembalap. Aturan ini sudah mulai diberlakukan di sirkuit Aragon, Spanyol yang berlangsung 21 –  23 September 2018.

Seperti ini:

1. Tata Cara Start Ketika Wet Race

Race tetap akan berlangsung di tempat sama jika terjadi kondisi tidak normal (basah). Mulai dari pengunduran jadwal jam atau juga sampai pengunduran hari (Senin).

Bila race tetap dilaksanakan pada kondisi basah, panduannya adalah, pembalap akan melakukan uji coba dua lap atau sighting lap. Akan tetapi, dengan terpakainya bahan bakar pada sighting lap ini dan sulit untuk mengisi ulang, maka jumlah lap dikurangi 1 lap.

2. Penalti Grid

Penalti mundurnya posisi selalu diumumkan lewat pit board di garis finis setelah lima lap. Selanjutnya, pengumuman dipersingkat cukup tiga lap. Alasannya, bila terlalu lama, posisi sudah berubah yang merugikan pembalap bersangkutan.

3. Penggantian Mesin dan Pembalap

Mungkin sudah pernah terjadi dan dicurigai, maka keluar aturan baru ini. Bahwa, alokasi mesin yang sedang berjalan, tim bisa saja mengakali dengan menukar mesin di antara pembalap satu tim, juga pembalap pengganti, atau dengan tim satelit. Maka mulai di Aragon ini, itu dilarang, nggak bisa lagi.

Juga, pembalap pengganti dilarang dari pembalap yang terikat kontrak dengan tim yang ada di MotoGP, kecuali atas persetujuan GPC.

BAGIKAN