nhk

Aturan Teknik MotoGP 2019, ECU Tak Sembarangan Dimapping, Aturan Helm, NHK Aman…!

ManiakMotor – Di sela GP Malaysia lalu ada pertemuan Grand Prix Commission, untuk up-date regulasi teknis, disiplin dan helm 2019. Pertemuan tersebut dihadiri Carmelo Ezpeleta bersama Carlos Ezpeleta (Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA), Mike Trimby (sekretaris IRTA) dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi).

Intinya pertemuan tersebut agar balapan lebih aman dan terutama jujur dari segi teknisnya. Ini terjadi pada  3 November 2018. Regulasi ini berlaku untuk MotoGP 2019.  Keputusannya adalah,

Analisis Data 

Direktur Teknis diberi kewenangan untuk mengunduh atau down loud data langsung dari ECU ke PC atau Personal Computer yang resmi. Tujuannya memverifikasi data tersebut  asli yang belum dimodif, agar adil. Setelah diperiksa sesuai peraturan FIM, maka data tersebut dihapus dari PC Resmi.

ECU dan Koneksinya

Official ECU dan IMU (Sensor Inersia) resmi sekarang dibatasi, hanya menggunakan CAN decoupler seragam yang resmi. Bagian ini juga tidak dapat dimodifikasi atau ditambah.

Suhu Bahan Bakar

Waktu tunggu antara pengumuman resmi suhu sekitar dan dimulainya balapan telah ditambah dari 60 menjadi 75 menit. Ini untuk memberi tim lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proses pengisian bahan bakar.

Helm
Komisi menyetujui standar helm FIM baru untuk semua disiplin balap motort. Sekarang akan ada standar tunggal yang ditingkatkan pada pelindung kepala. Itu menggantikan berbagai standar internasional yang digunakan sebelumnya macam ECE, Snell dan JIS. Tes homologasi helm sedang berlangsung dengan beberapa produsen yang telah menyelesaikan pengujian, termasuk NHK. Jika usai diuji akan disetujui melalui Program FIM Racing Homologation.

Komponen Rem
Spesifikasi yang lebih rinci untuk material yang digunakan untuk koneksi selang rem dan silinder master rem telah disetujui.

BAGIKAN